Mau Rumah Anda Lebih Pintar? Gunakan Lima Alat Ini - Kompas.com

Mau Rumah Anda Lebih Pintar? Gunakan Lima Alat Ini

Dani Prabowo
Kompas.com - 05/08/2017, 08:00 WIB
Ilustrasi dapurthinkstock/chefmd Ilustrasi dapur


KompasProperti - Beragam teknologi pintar untuk hunian saat ini sudah banyak diciptakan. Tentunya, beberapa diantaranya perlu dimiliki, terutama bila Anda memiliki kebiasaan lupa dan gemar beraktifitas di luar rumah.

Pakar teknologi, Anthony Caruana menyebut, setidaknya ada lima teknologi yang layak Anda miliki saat ini, apa saja?

1. Saklar Pintar

Memungkinkan Anda untuk mengontrol lampu dengan menggunanakan sebuah aplikasi yang terdapat pada ponsel pintar Anda.

Dikutip dari Nine, Caruana mengaku, memiliki sejumlah saklar pintar di rumahnya. Tentunya, hal itu cukup berguna ketika dirinya sedang berada di luar rumah, namun lupa mematikan lampu.

"Hal ini dapat menghemat pengeluaran bulanan untuk membayar listrik. Saklar pintar milik saya bahkan tidak memerlukan daya listrik, sebab mereka tinggal ditempelkan pada saklar yang ada," ujarnya.

2. Pembersih Udara

Bagi anda yang menginginkan ruang yang bersih dan sehat, Dyson Pure Hot+Cool Link, mungkin dapat menjadi pilihan. Alat ini dapat menyerap 99,5 persen partikel halus.

Selain itu, alat ini juga dapat dikendalikan dari jarak jauh menggunakan ponsel pintar. Pengendalian itu meliputi melacak kualitas udara di dalam ruangan, hingga penjadwalan pemurnian udara.

3. Pendeteksi Asap Pintar

Pendeteksi asap pintar seperti Nest Protect Second Generation mungkin dapat menjadi solusi. Sebab, selain dapat mendeteksi asap dan karbon monoksida dengan cepat, alat ini secara intuisi juga mengirimkan peringatan suara ketika alat berbunyi dan alasannya.

4. Baby Changing Table

Sayangnya, alat ini bukanlah sebuah robot yang dapat bertugas untuk menggantikan popok bayi Anda, melainkan alat untuk mendeteksi kesehatan bayi.

Alat ini memungkinkan untuk mendeteksi berat badan bayi, asupan makanan yang tepat serta perubahan kondisi bayi. Tentunya, alat ini cukup berguna bagi calon orang tua di tahun ini.

5. Kulkas Pintar

LG Smart InstaView mungkin dapat menjadi jawaban bagi Anda yang ingin menghemat waktu. Pasalnya, lewat kulkas ini anda dapat memesan bahan makan ke toko dengan memilih item yang terdapat di panel.

Dengan kamera yang terdapat di dalamnya, Anda juga dapat memantau stok bahan makanan apa saja yang tersisa di dalam kulkas tanpa membukanya. Pemantauan ini dapat Anda lakukan lewat ponsel pintar.

"Saya sudah banyak melihat perkembangan teknologi untuk waktu yang lama, dan yang mengejutkan kita dapat mengaplikasikan banyak hal otomatis di rumah. Sehingga kita dapat melakukan efisiensi penggunaan energi," ucapnya.

PenulisDani Prabowo
EditorHilda B Alexander
Komentar
Close Ads X