Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daftar Tunggu Rumah DP 1 Persen yang Diresmikan Jokowi 1.000 Orang

Kompas.com - 29/07/2017, 13:03 WIB
Dani Prabowo

Penulis

JAKARTA, KompasProperti - Sejak dikenalkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Mei 2017 lalu, seluruh rumah yang ditawarkan di Villa Kencana Cikarang, Bekasi, Jawa Barat, sudah habis terjual. Tercatat, ada 8.749 unit rumah yang beralih kepada masyarakat.

Managing Director PT Sri Pertiwi Sejati Group (SPS Group), Asmat Amin mengakui, kehadiran Jokowi cukup membantu penjualan rumah yang telah dibangun sejak 2016 lalu. Padahal, meski berstatus rumah subsidi, fasilitas yang ditawarkan setara real estate.

"Jadi dengan adanya Pak Jokowi, kelebihannya terekspos. Sehingga orang-orang berbondong-bondong beli rumah di Villa Kencana Cikarang ini," kata Asmat kepada KompasProperti, Jumat (28/7/2017).

Villa Kencana Cikarang dikembangkan oleh PT Arrayan Bekasi Development, anak usaha SPS Group, di atas lahan seluas 105 hektar. Rumah yang dibanderol Rp 141 juta/unit itu memiliki tipe 25/60.

Kendati sudah habis, penjualan masih tetap dilakukan dengan mekanisme waiting list. Tercatat, sekitar 1.000 pembeli yang kini berstatus daftar tunggu atau waiting list.

Salah contoh rumah tipe 25/60 di Villa Kencana Cikarang yang diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kamis (4/5/2017).Arimbi Ramadhiani/Kompas.com Salah contoh rumah tipe 25/60 di Villa Kencana Cikarang yang diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kamis (4/5/2017).

Menurut Asmat, mereka yang berstatus waiting list menunggu pembeli yang kini sedang dalam proses BI Checking. Bila ada yang tidak lolos, nantinya mereka akan digantikan oleh yang berstatus waiting list.

"Jadi yang waiting list ini bisa masuk, bisa ambil," ujarnya.

Untuk diketahui, perumahan yang diresmikan Jokowi ini dapat ditebus dengan uang muka atau down payment 1 persen dan cicilan sekitar Rp 800.000 per bulan.

Untuk akses KPR FLPP, masyarakat mendapat fasilitas bunga acuan 5 persen dengan masa tenor hingga 20 tahun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com