Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kemenhub Percantik 145 Terminal Besar

Kompas.com - 28/07/2017, 20:28 WIB
Arimbi Ramadhiani

Penulis

JAKARTA, KompasProperti - Dalam rangka meningkatkan pelayanan penumpang bus, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan mempercantik terminal-terminal tipe A di seluruh Indonesia.

Saat ini, sudah ada 18 terminal yang telah dipercantik dari total 145 terminal induk.

"Targetnya, pada 2019 seluruh terminal kami perbaiki fasilitasnya," ujar Direktur Angkutan dan Multimoda Kemenhub Cucu Mulyana kepada KompasProperti, di Jakarta, Jumat (28/7/2017).

Dia melanjutkan, sesuai amanat Undang-undang (UU) Nomor 23 Tahun 2014, pengelolaan terminal tipe A memang secara bertahap dialihkan dari pemerintah daerah ke pusat.

Dari 145 terminal tipe A, sebanyak 97 di antaranya telah beralih ke pusat sejak Januari 2017.

Cucu menjabarkan, dalam 3 bulan pertama, program pemerintah pusat adalah menjaga terminal tersebut agar aliran listrik tidak terputus dan pelayanan berhenti.

Kemudian, memasuki semester II-2017, Kemenhub akan merenovasi secara permanen terminal-terminal tersebut.

"Terminal yang sudah dipercantik sebanyak 18 terminal tahun depan akan dilakukan Detail Engineering Design (DED) dan dilakukan lagi make up terminal berikutnya," kata Cucu.

Ke depannya, imbuh dia, selain untuk kenyamanan penumpang, terminal-terminal ini akan berfungsi juga sebagai tempat untuk memeriksa bus apakah layak jalan atau tidak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com