Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

IndonesianLuxury Incar Orang-orang Kaya

Kompas.com - 27/07/2017, 15:36 WIB
Arimbi Ramadhiani

Penulis

JAKARTA, KompasProperti - Tidak seperti kelas menengah dan bawah, masyarakat kelas atas mengutamakan eksklusivitas dan personalitas.

Orang-orang ini cenderung mencari barang-barang yang terbatas bahkan didesain khusus.

Meski secara persentase masih lebih sedikit daripada kelas menengah dan bawah, secara jumlah, masyarakat kelas atas ini tetap besar dari total seluruh penduduk Indonesia.

Menyasar orang-orang tipe inilah, portal indonesianluxury.com mengumpulkan desainer interior, arsitek, seniman, dan perabotan mewah sebagai pilihan mendesain ruang yang diinginkan.

"Sebagai gambaran, pemegang Prioritas BCA saja jumlahnya 200.000 orang. Itu baru BCA, belum dari bank yang lain. Jadi potensinya besar sekali," ujar Founder IndonesianLuxury.com Erlangga Boenawan kepada KompasProperti, di Ritz Carlton, Jakarta, Kamis (27/7/2017).

Erlangga mengatakan, karena populasi penduduk Indonesia mencapai 250 juta jiwa, persentase sekecil apa pun dari jumlah ini angkanya cukup menjanjikan.

Meski demikian, kata dia, belum ada satu platform yang mampu menghubungkan mereka dan melayani kebutuhan akan desain dan karya seni.

Erlangga mengakui, jumlah masyarakat menengah memang sangat banyak. Ia berharap, seiring dengan pertumbuhan ekonomi, kesadaran akan seni, berbudaya, dan hidup secara beradab juga berkembang.

"Jangankan masyarakat menengah, masyarakat kelas atas juga jarang yang mau beli furnitur bagus, lukisan yang bagus," sebut Erlangga.

Namun di sisi lain, masyarakat berpenghasilan tinggi ini tidak tanggung-tanggung menghabiskan uang untuk tas, pakaian, dan sepatu yang harganya jutaan.

Menurut Erlangga, ini lebih disebabkan oleh persepsi dan kurangnya pengetahuan budaya.

Melalui platform indonesianluxury.com, ia berharap pengetahuan dan kebutuhan akan informasi terkait karya-karya seniman, desainer, dan arsitek terpenuhi.

Pengunjung juga bisa melihat-lihat bagaimana sepak terjang dan profil mereka secara lengkap.

Lebih jauh lagi, Erlangga berharap, pengunjung bisa berbelanja langsung di platform ini karena cenderung lebih mudah dibandingkan harus menemui langsung dan menghadapi jalanan yang macet.

"Di indonesianluxury.com, pengunjung bisa mencari inspirasi dari karya yang ada, kalau tertarik bisa saling membandingkan sesuai selera dan langsung membeli secara online," tutur Erlangga.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com