Di Tangan Seniman Ini, "Superhero" Berubah Jadi Batu - Kompas.com

Di Tangan Seniman Ini, "Superhero" Berubah Jadi Batu

Dani Prabowo
Kompas.com - 22/07/2017, 12:10 WIB
Patung batu Batman karya Leo Calliard.designboom Patung batu Batman karya Leo Calliard.

KompasProperti - Apa yang dilakukan Leo Caillard terhadap tokoh super hero, mungkin merupakan sebuah upaya untuk mempertahankan minat masyarakat terhadap dunia seni artistik bersejarah.

Seniman asal Perancis yang sebelumnya dikenal lantaran sering 'membalut' figur klasik dari Museum Louvre dengan tampilan yang trendi itu, kini menciptakan perpaduan yang mampu membuat penikmatnya mempertanyakan peran dari subyek tersebut.

Patung batu Superman karya Leo Calliard.designboom Patung batu Superman karya Leo Calliard.

Kebanyakan karya Caillard saat ini adalah super hero, sebuah paradigma karya budaya pop yang kental dengan nuansa kekuatan dan keberanian.

"Suatu hari, para pahlawan zaman modern juga akan berubah menjadi tokoh batu yang tetap bertahan selamanya," kata Calliard seperti dikutip dari Designboom.

Calliard pun menumbangkan asal usul patung batu yang kental dengan sentuhan kontemporer.

Secara tradisional, patung-patung tersebut biasanya menggambarkan tokoh pahlawan periode klasik atau tokoh fiksi terkemuka seperti Zeus, Hercules dan Athena.

Patung batu Spiderman karya Leo Calliard.designboom Patung batu Spiderman karya Leo Calliard.

Kini, di galerinya terdapat Batman, Superman, Spiderman, Iron Man, Captain America dan Flash yang diabadikan menjadi patung batu bersanding tokoh-tokoh dari zaman klasik.

PenulisDani Prabowo
EditorHilda B Alexander
Komentar
Close Ads X