Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perumnas Resmikan Rumah yang Dibangun dalam 14 Hari

Kompas.com - 18/07/2017, 14:38 WIB
Arimbi Ramadhiani

Penulis

Jakarta KompasProperti - Perum Perumnas meresmikan rumah contoh yang dibangun dengan sistem prefabrikasi atau precast.

Dengan prefabrikasi, kontruksi dasar rumah bisa dibangun dalam waktu tiga jam. Untuk penyelesaiannya, rumah tersebut memakan waktu sekitar kurang dari dua minggu.

Karena waktu pembangunan cukup singkat, Direktur Korporasi dan Pengembangan Bisnis Galih Prahananto mengharapkan, rumah precast ini mampu mendorong pengembangan Sejuta Rumah.

"Ide awal precast ini adalah karena target pembangunan tiap tahun tinggi. Jadi kalau target sekarang 27.000 unit, suatu saat nanti mungkin 100.000 unit per tahun. Berdasarkan keinginan pemerintah, sumbangsih sejuta rumah besar," ujar Galih pada jumpa pers di Kantor Perumnas Regional III di Klender, Jakarta Timur, Selasa (18/7/2017).

Dia mengatakan, Perumnas telah diberi mandat pemerintah untuk menjadi pengembang perumahan nasional. Hal ini mengingat kebutuhan perumahan rakyat masih sangat besar mencapai 11 juta unit dengan penambahan kebutuhan rumah tiap tahun sebesar 800.000 unit.

Dengan demikian, kecepatan pembangunan rumah dibutuhkan untuk mengejar pemenuhan kebutuhan masyarakat terutama yang berpenghasilan rendah.

"Kelebihan precast ini masa konstruksinya sangat singkat, sekitar dua minggu, bahkan bisa lebih cepat dari itu," jelas Galih.

Dia menambahkan, selain unggul dalam kecepatan, pembangunan rumah precast juga memangkas penggunaan tenaga kerja. Galih mengatakan, pengurangan tenaga kerja bisa mencapai 50 persen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com