Ada Perbaikan Tol Jakarta-Cikampek, Perhatikan Jalur Alternatif Ini - Kompas.com

Ada Perbaikan Tol Jakarta-Cikampek, Perhatikan Jalur Alternatif Ini

Dani Prabowo
Kompas.com - 16/07/2017, 11:44 WIB
Kepadatan dalam tol menuju Cikampek yang terpantau google map pada Jumat (25/12/2015) pukul 09.17 WIB.map.google.com Kepadatan dalam tol menuju Cikampek yang terpantau google map pada Jumat (25/12/2015) pukul 09.17 WIB.

JAKARTA, KompasProperti - Selain kelanjutan pembangunan proyek Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek II (Elevated), pemeliharan bertahap juga berpotensi menjadi penyebab lain kemacetan di Jalan Tol Jakarta-Cikampek.

Menurut rencana, pemeliharan bertahap itu akan dilangsungkan hari ini, 16 Juli 2017 hingga 23 Juli 2017.

AVP Corporate Communications PT Jasa Marga (Persero) Tbk, Dwimawan Heru Santoso mengatakan, ada dua jenis pekerjaan yang akan dilakukan dalam pemeliharaan bertahap itu, yaitu rekonstruksi pengerasan dan scrapping filling overlay.

"Kegiatan itu dilaksanakan pada pukul 20.00 hingga 05.00 WIB," kata Dwimawan dalam keterangan tertulis yang diterima KompasProperti, Minggu (16/7/2017).

Untuk rekonstruksi perkerasan akan dilakukan di Lajur 1 KM 36 arah Cikampek, dan Lajur 1 KM 28-KM 24, serta Lajur 1 KM 37-KM36 arah Jakarta.

Sementara scrapping filling overlay akan dilakukan di Lajur 1 dan/atau Lajur 2 KM 50 dan KM 52 arah Cikampek, serta Lajur 1 dan/atau Lajur 2 KM 53 dan KM 20.

"Kegiatan-kegiatan yang dilakukan bersamaan tentunya banyak membawa dampak kepadatan arus lalu lintas di Jalan Tol Jakarta Cikampek, yang tercatat dari keluhan pelanggan Jalan Tol Jakarta-Cikampek dalam minggu ini," kata dia.

Dalam pengerjaan proyek tersebut, Dwimawanmenambahkan, Jasa Marga dibantu konsultan manajemen konstruksi guna mengintegrasikan kegiatan pekerjaan, dan metode pelaksanaan pekerjaan.

Selain itu juga mengomunikasikan kegiatan yg berisiko mengganggu lalu lintas seperti mobilisasi material, alat berat, dan girder jembatan.

Meski demikian, kepadatan masih dapat terjadi di tengah tingginya intensitas pekerjaan.

"Untuk itu Jasa Marga meminta maaf atas kepadatan yang terjadi selama proses pembangunan dan akan memaksimalkan pelayanan bagi pengguna jalan yang membutuhkan," kata Dwimawan.

Bila kepadatan tak bisa terelakkan, beberapa jalur alternatif menuju Bekasi atau Cikampek telah disiapkan. Berikut jalur alternatif yang disiapkan:

- Pengguna jalan dari arah Jakarta via Jalan Tol Dalam Kota/Jalan Tol Jakarta Cikampek dapat keluar di exit Jatiwaringin/Jatibening, untuk selanjutnya melewati jalur arteri Kalimalang atau dapat menggunakan akses jalan tol kembali melalui GT Bekasi Barat, Bekasi Timur, Tambun, dan seterusnya.

- Pengguna jalan dari arah Jakarta via JORR dapat keluar di exit Jatiwarna/Jatiasih, untuk selanjutnya melewati jalur arteri Bekasi atau dapat menggunakan akses jalan tol kembali melalui GT Bekasi Barat, Bekasi Timur, Tambun, dan seterusnya.

PenulisDani Prabowo
EditorHilda B Alexander
Komentar
Close Ads X