Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lagi, Sinar Mas Land Ambil Alih Gedung Komersial di London

Kompas.com - 10/07/2017, 15:17 WIB
Haris Prahara

Penulis


KompasProperti – Perusahaan properti Tanah Air, Sinar Mas Land, kembali melakukan langkah ekspansif di kancah internasional.

Melalui Sinarmas Land Limited, anak perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Singapura, Sinar Mas Land mengakuisisi perusahaan internasional bernama Horseferry Property Limited.

Sebelumnya, imperium bisnis milik Eka Tjipta Wijaya ini telah mengambil alih Alphabeta Building pada 2015 lalu.

Horseferry Property Limited memiliki bangunan komersial premium di Central London, Inggris, bernama 33 Horseferry Road (33HF).

Akuisisi tersebut berlangsung pada Kamis (29/6/2017) lalu dengan nilai 188,6 juta poundsterling atau sekitar Rp 3,6 triliun (dengan kurs 1 poundsterling= Rp 17.300).

Executive Director and Chief Financial Officer Sinarmas Land Limited Ferdinand Sadeli mengatakan, akuisisi tersebut merupakan bentuk optimisme perusahaan terhadap prospek properti komersial di London.

“Akuisisi gedung ini tentunya akan memperkuat portofolio investasi Sinar Mas Land,” ungkap Ferdinand dalam keterangan tertulis yang diterima KompasProperti, Senin (10/7/2017).

(Baca: Sinar Mas Land Raih Empat Penghargaan di Dua Ajang Internasional)

Menurut Ferdinand, 33HF menghadirkan kesempatan investasi yang menarik. “Gedung tersebut telah diisi oleh beberapa penyewa terkemuka serta adanya kesempatan untuk pengembangan area ritel di lokasi Victoria yang dekat dengan gedung parlemen,” terang dia.

Gedung 33HF menempati lokasi strategis yang berada di jantung Victoria, salah kawasan komersial dan residensial utama di Central London.

Secara historis, wilayah Victoria merupakan jantung pemerintahan karena letaknya berdekatan dengan gedung parlemen, Downing Street, dan Whitehall.

Pemandangan Horseferry Road, LondonDokumentasi Sinar Mas Land Pemandangan Horseferry Road, London

Dengan area seluas 16.778 meter persegi, 33HF terdiri dari perkantoran Grade A seluas 15.213 meter persegi, mencakup lantai dasar bawah (lower ground), lantai dasar (ground), dan lima lantai di atasnya.

(Baca juga: Sinarmas Land Caplok "Alphabeta Building" London Senilai Rp 5,5 Triliun)

Semua lantai perkantoran di bangunan ini dilengkapi dengan area utama serta dua area pelengkap lainnya di sisi timur dan barat.

Selain itu, di lantai dasar 33HF terdapat ruang ritel seluas 1.564 meter persegi, yang terbagi menjadi 10 unit.

Adapun sistem penyewaan di gedung tersebut dituangkan dalam perjanjian full repairing and insuring leases (FRI).

Dengan sistem itu, para penyewa memiliki kewajiban untuk melakukan perbaikan dan mengasuransi ruangan sehingga mengurangi beban biaya pemilik gedung terhadap asuransi dan perbaikan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com