Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Atasi Macet Nagreg, Pemerintah Siapkan Tol Bandung-Tasikmalaya

Kompas.com - 07/07/2017, 18:00 WIB
Dani Prabowo

Penulis

JAKARTA, KompasProperti - Jalur Nagreg yang menghubungkan wilayah Bandung dan Tasikmalaya, kembali menjadi penyumbang kemacetan pada mudik dan balik Lebaran 2017.

Sebagai langkah antisipasi untuk mengurai kemacetan, pemerintah berencana membangun jalan tol yang menghubungkan kedua wilayah itu.

"Kami sudah ada desain, supaya saat mudik tahun depan bisa dimanfaatkan," kata Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono saat rapat evaluasi mudik 2017 di Kantor Staf Presiden, Kamis (6/7/2017).

Rencananya, Tol Bandung-Tasikmalaya itu menghubungkan sejumlah wilayah seperti Ciawi, Cikijing, Lingkar Jati Gede, Sumedang dan Bandung.

"Dengan tujuan untuk menghindari Nagreg. Saat ini pembebasan lahan sudah tinggal 1 kilometer lagi," kata dia.

Basuki berharap, agar proses konstruksi jalan bebas hambatan itu dapat segera berjalan. Dengan begitu, tol tersebut sudah dapat dimanfaatkan saat mudik tahun 2018.

Selain Tol Bandung-Tasikmalaya, Kementerian PUPR juga akan menyiapkan jalur alternatif untuk memecah kemacetan di Nagreg, seperti jalur Limbangan-Gentong.

Kompas Video alan Tol Trans-Jawa yang dibuka sementara atau fungsional sepanjang 337 kilometer.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com