Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pecahkan Kendi, Ganjar Luncurkan Trans Jateng Koridor I

Kompas.com - 07/07/2017, 13:30 WIB
Kontributor Ungaran, Syahrul Munir

Penulis

BAWEN, KompasProperti - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meluncurkan Bus Rapid Transit (BRT) Trans Jateng aglomerasi koridor I Semarang Tawang-Terminal Bawen, Jumat (7/7/2017) siang di Terminal Bawen, Kabupaten Semarang.

Mengenakan batik cipratan warna hijau tua, Ganjar memecahkan kendi tanda pelepasan armada pertama BRT yang turun aspal dari Terminla Bawen ke Stasiun Tawang tersebut.

"Dengan mengucap BismillaHhirrahmanirrahim kita luncurkan Trans Jateng ini untuk bapak ibu semuanya, mudah-mudahan senang dan bahagia," kata Ganjar.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Jawa Tengah Satriyo Hidayat, dalam sambutannya mengatakan, tahap awal ini Koridor I Semarang Tawang-Bawen akan dilayani oleh 18 armada BRT.

Berdasarkan perhitungan yang telah disimulasikan, BRT Trans Jateng Koridor I ini menempuh jarak 36,5 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 90 menit.

Agar para penumpang nyaman, armada BRT yang didominasi warna merah ini dikemudikan dalam kecepatan rata-rata 30 kilometer per jam. Setiap hari, BRT ini beroperasi mulai pukul 05.00 WIB sampai 21.00 WIB.

"Tiap armada diperkirakan akan beroperasi enam rit per hari. Jarak antar BRT 15 hingga 20 menit, dengan asusmi naik turun penumpang di tiap halte sekitar 1 menit," kata Satriyo.

Satriyo berharap kehadiran tahap pertama BRT Trans Jateng Koridor I yang dikelola oleh Koperasi Mulia Orda Serasi (MOS) ini akan menjadi pilihan masyarakat dalam bepergian.

Kehadiran BRT ini juga diharapkan mampu mengurangi kemacetan di jalan raya Semarag-Solo.

"Kami berharap masyarakat beralih dari kendaraan pribadi ke angkutan umum (BRT), sehinga kemacetan di jalan raya berkurang. Ayo naik angkuta umum, gayeng bareng BRT trans Jateng," pungkasnya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com