Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jumat Besok, Trans-Jateng Koridor Tawang-Bawen Beroperasi

Kompas.com - 06/07/2017, 18:30 WIB
Kontributor Ungaran, Syahrul Munir

Penulis

BAWEN, KompasProperti - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dijadwalkan meluncurkan Bus Rapid Transit (BRT) Trans Jateng aglomerasi koridor I Stasiun Tawang-Terminal Bawen, Jumat (7/7/2017) pukul 09.00 WIB di Terminal Bawen.

"Besok pagi secara resmi diluncurkan BRT Trans Jateng Koridor I Stasiun Tawang-Terminal Bawen oleh Gubernur," ungkap Kepala Dishub Provinsi Jawa Tengah Satrio Hidayat, Kamis (6/7/2017) siang.

Baca: Bus Aglomerasi Stasiun Tawang-Terminal Bawen Beroperasi Juli 2017

Dia menuturkan, BRT aglomerasi tersebut merupakan skala prioritas pengembangan jaringan pelayanan angkutan perkotaan lintas kabupaten/kota, meliputi tiga koridor lainnya, yakni Semarang-Kendal, Semarang-Demak, dan Semarang-Purwodadi.

"Jarak Koridor I antara Stasiun Tawang menuju Terminal Bawen sekitar 37,5 kilometer," kata Satrio.

Jumlah BRT yang akan melayani Koridor I pada tahap pertama beroperasi sebanyak 18 armada. BRT ini akan melayani penumpang mulai pukul 05.00 WIB hingga pukul 21.00 WIB setiap harinya dengan jumlah shelter yang disinggahi sebanyak 43 titik.

Gratis 2 Hari

Sekadar informasi, tarif BRT Trans Jateng Koridor I Tawang-Bawen ini untuk penumpang umum Rp 3.500 dan Rp 2.000 untuk penumpang pelajar.

Namun selama dua hari pertama beroperasi, Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Tengah menerapkan tarif gratis bagi masyarakat yang hendak menjajal armada baru BRT ini.

Baca: Demi Kenyamanan, Tempat Duduk Bus Aglomerasi Menghadap ke Depan

"Gratis selama dua hari pertama, Jumat (7/7/2017) hingga Sabtu (8/7/2017), setelah itu bakal diterapkan tarif normal," imbuhnya.

Sementara itu Kabid Angkutan Dinas Perhubungan Kabupaten Semarang Wahyu mengatakan, ke depan BRT Trans Jateng Koridor I akan melayani masyarakat dengan 25 armada.

Pada tahap pertama ini, akan dioperasikan 18 unit armada yang dikelola oleh Koperasi Mulia Orda Serasi (MOS).

"Rinciannya, 10 unit dari gabungan pengusaha angkutan di Kabupaten Semarang dan 8 unit lainnya dari Kota Semarang," kata Wahyu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com