Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dengan Sebuah Tombol, Gedung Ini Dibangun dalam 10 Menit

Kompas.com - 06/07/2017, 16:00 WIB
Dani Prabowo

Penulis

KompasProperti - Kita tentu menyukai sebuah rumah yang dapat dirakit, ditingkatkan dan dipindahkan kapan pun. Namun, bila ada rumah yang dapat membangun dirinya sendiri hanya dengan sentuhan sebuah tombol, tentu itu merupakan sesuatu yang luar biasa.

Seperti dikutip dari Curbed, sebuah perusahaan yang berbasis di Inggris, Ten Fold Engineering, telah mengembangkan struktur bangunan siap pakai yang dapat dipindahkan.

Bangunan tersebut juga dapat digunakan untuk bermacam hal seperti rumah mobil, kantor, klinik, toko, pameran, restoran, bahkan sekolah.

Tidak perlu mesin, tenaga kerja atau pondasi, sebab bangunan yang diciptakan Ten Fold dapat membentang sendiri layaknya sebuah akordeon dalam waktu kurang dari sepuluh menit.

Tak sampai di situ, bangunan itu juga dapat dengan mudah dilipat kembali untuk memudahkan transportasi bila diangkut dengan sebuah truk.

Hal lain yang tak kalah mengesankan yaitu ukurannya. Setiap struktur dapat terbuka hingga tiga kali ukuran aslinya hingga mencapai 64 meter persegi.

Bahkan, ada pula ruangan yang berukuran 20 meter persegi, yang diperuntukkan untuk menyimpan perabotan atau perlengkapan lainnya saat transit.

Selain itu, dinding internal juga dapat dipindahkan dan diatur sesuai keinginan. Dengan demikian dapat dengan mudah untuk beradaptasi dengan lingkungan.

Dinding tersebut juga dapat ditumpuk dan pada saat off grid dapat difungsikan sebagai panel surya.

Bangunan ciptaan Ten Fold ini dibanderol mulai dari 100.00 Euro atau sekitar Rp 1.495.900.000. Untuk mempelajari lebih lanjut, Anda dapat mengakses situs mereka www.tenfoldengineering.com.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com