"Rest Area"Jadi Penyebab Kemacetan, BPJT Siapkan Dua Langkah Ini - Kompas.com

"Rest Area"Jadi Penyebab Kemacetan, BPJT Siapkan Dua Langkah Ini

Dani Prabowo
Kompas.com - 05/07/2017, 08:19 WIB
GARRY ANDREW LOTULUNG/Kompas.com Tempat Istirahat atau rest area di ruas tol Pejagan-Pemalang Seksi 3-4.

JAKARTA, KompasProperti - Salah penyebab terjadinya kemacetan di jalan tol yaitu keberadaan tempat istirahat (TI) atau rest area.

Kendati jumlah TI telah ditambah, namun hal tersebut tak langsung membuat kendaraan yang ingin masuk ke lokasi tempat istirahat berkurang.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Herry Trisaputra Zuna pun mengamini, bahwa keberadaan TI menjadi salah penyumbang kemacetan.

"Ya itu masih menjadi catatan dan ini yang akan kami evaluasi untuk kami coba perbaiki," kata Herry di kantornya, Senin (3/7/2017).

Menurut dia, ada dua hal yang akan dilakukan untuk meningkatkan kualitas TI tersebut. Pertama, revitalisasi secara menyeluruh terhadap TI. Hal ini menyangkut peningkatan kuantitas masyarakat yang dapat ditampung TI tersebut.

Kedua, meningkatan pelayanan TI, terutama pada saat lebaran. Caranya yaitu dengan mengkombinasikan saranan prasarana yang dapat dimanfaatkan, tak hanya pada saat musim lebaran tetapi juga pada hari biasa.

"Ini dua hal berbeda. Karena kalau kita desain khusus Lebaran, ya hari-hari biasanya nganggur," ujarnya.

PenulisDani Prabowo
EditorHilda B Alexander
Komentar
Close Ads X