Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jalan Tol akan Dibangun di Wilayah Selatan Pulau Jawa

Kompas.com - 04/07/2017, 17:56 WIB
Dani Prabowo

Penulis

JAKARTA, KompasProperti - Setelah sejumlah ruas tol di wilayah utara dan tengah Pulau Jawa digarap, usulan untuk menambah ruas tol baru kembali muncul. Kali ini, wilayah selatan Pulau Jawa yang disasar.

"Kami fokus, setelah ini ke selatan," kata Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Herry Trisaputra Zuna di kantornya, Senin (3/7/2017).

Ada pun ruas tol yang akan dibangun, salah di antaranya yakni tol Tegal-Cilacap. Jalan tol ini dapat menjadi alternatif bagi masyarakat yang ingin mengakses wilayah selatan dari jalur utara Pulau Jawa.

Di samping itu, Herry menambahkan, ruas tol baru yang juga akan digarap adalah Tol Cileunyi-Cilacap. Nantinya, tol tersebut menghubungkan sejumlah kawasan yang berada di di Jawa Barat dan Jawa Tengah.

"Tadi seperti Pak Menteri sampaikan hubungannya Tegal ke Cilacap dalam rencana, nanti ada badan usaha untuk itu," kata dia.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono sebelumnya menyebut, pembangunan jalur diagonal dari utara ke selatan Pulau Jawa merupakan salah alternatif yang akan ditempuh pemerintah untuk mengurai kemacetan.

Tak hanya jalan tol, tetapi juga pengembangan jalur alternatif diagonal seperti yang menghubungkan wilayah Banyuputih di Batang ke Parakan di Temanggung.

"Kalau arteri dan jalan tol itu kan sudah backbone-nya, jalur alternatif jalan provinsi yang perlu kita tangani, yang diagonal terutama yang ke arah selatan," kata Basuki.

Kompas Video alan Tol Trans-Jawa yang dibuka sementara atau fungsional sepanjang 337 kilometer.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com