Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Transaksi Elektronik di GT Cikarang Utama Meningkat 8 Persen

Kompas.com - 04/07/2017, 09:27 WIB
Dani Prabowo

Penulis

JAKARTA, KompasProperti - Transaksi elektronik di gerbang tol (GT) saat musim mudik dn balik Lebaran 2017 mengalami peningkatan.

Kendati di sejumlah GT masih ada berbagai kendala, namun hal tersebut tidak mengurangi animo masyarakat untuk bertransaksi elektronik.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Herry Trisaputra Zuna mengatakan, dari data transaksi yang diperoleh di GT Cikarang Utama, transaksi elektronik meningkat hingga 8 persen.

"Kalau data detailnya, ini baru di satu tempat ya. Ini nanti kita kumpulkan data detailnya semua. Tapi animonya besar ya, di lapangan itu banyak gunakan elektronik," kata Heryy di Kantor Kementerian PUPR, Senin (3/7/2017).

Menurut dia, peningkatan transaksi elektronik tak lepas dari sosialisasi yang terus menerus dilakukan.

Karena itu, Herry memastikan, akan terus mendorong kegiatan sosialisasi agar masyarakat berangsur-angsur mengubah pola pembayaran dari cara konvensional menjadi transaksi elektronik.

Lebih jauh, untuk menekan penggunaan transaksi elektronik, jumlah gerbang tol otomatis juga akan ditambah secara perlahan-lahan.

"Bulan ini kami sedang inventarisir, mana yang bisa kita lepas untuk elektronik sepenuhnya," ujar Herry.

Sebelumnya, peningkatan transaksi elektronik juga terjadi di Tol Cikopo-Palimanan (Cipali).

Bila rata-rata normal, transaksi elektronik hanya 6 persen dari total transaksi, pada musim mudik lebaran kemarin pertumbuhan transaksi elektronik lebih dari 20 persen.

Kompas Video alan Tol Trans-Jawa yang dibuka sementara atau fungsional sepanjang 337 kilometer.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com