Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemerintah Targetkan Tol Trans-Jawa Tersambung Sampai Semarang 2018

Kompas.com - 03/07/2017, 18:12 WIB
Dani Prabowo

Penulis

JAKARTA, KompasProperti - Sejumlah ruas tol Trans-Jawa telah dibuka secara fungsional atau sementara pada musim mudik dan balik Lebaran tahun ini.

Pemerintah pun menargetkan operasionalisasi atau pembukaan sepenuhnya dapat dilakukan tahun depan.

Menurut Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, setidaknya operasionalisasi tol Trans-Jawa ditargetkan mencapai Semarang, Jawa Tengah.

"Kemudian Jawa Timur. Baru kemudian 2018-nya Salatiga-Solo," kata Basuki di kantornya, Senin (3/7/2017).

"Tapi kalau sebelum mudik 2018, mudah-mudahan tolnya walaupun pasti akan lebih baik dari darurat yang sekarang," lanjut dia.

Untuk diketahui, panjang Tol Trans-Jawa yang dibuka fungsional yaitu 337 kilometer, sepanjang 116,05 kilometer di antaranya terbentang dari Brebes Timur hingga Weleri.

Ada tiga ruas tol yang terdapat di dalamnya yaitu Tol Pejagan-Pemalang (Seksi Brebes Timur-Tegal dan Tegal-Pemalang sepanjang 37,3 kilometer), Tol Pemalang-Batang sepanjang 39,2 kilometer, dan Tol Batang-Semarang sepanjang 75 kilometer.

Khusus Tol Batang-Semarang, yang baru difungsikan pada tahun ini yaitu Seksi Batang-Batang Timur dan Batang Timur-Weleri sepanjang 39.35 kilometer. Sisanya masih dalam proses pengerjaan dan pembebasan lahan.

"Setelah ini beberapa akan ada yang dieksekusi karena sudah dibayar. Mestinya banyak yang progres ya," kata Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR Herry Trisaputra Zuna.

Herry mengakui, adanya sejumlah persoalan dalam pembebasan lahan menyebabkan pelaksanaan pembangunan fisik jalan tol terkendala. Namun, ia memastikan, bahwa penyelesaian persoalan tersebut tak akan berjalan lama.

"Sudah banyak yang bergerak lah. Hari ini memang butuh satu proses untuk kemudian release," kata dia.

Kompas Video alan Tol Trans-Jawa yang dibuka sementara atau fungsional sepanjang 337 kilometer.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com