Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Lebih Dekat Aplikasi "Jalan Kita"

Kompas.com - 28/06/2017, 18:00 WIB
Haris Prahara

Penulis

JAKARTA, KompasProperti - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) meluncurkan aplikasi baru pada musim mudik Lebaran tahun ini. Aplikasi itu bernama Jalan Kita. 

Berdasarkan keterangan resmi yang diterima KompasProperti, Rabu (28/6/2017) sore, Jalan Kita merupakan aplikasi yang dapat menerima laporan masyarakat secara real time mengenai kondisi jalan, terutama jalan rusak.

Direktur Pengembangan Jaringan Jalan pada Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR, Rachman Arief Dienaputra mengatakan, saat ini sudah sekitar 500 kali aplikasi tersebut diunduh masyarakat.

Lebih lanjut, ia mengungkapkan, telah ada sebanyak 1.998 laporan kondisi jalan yang masuk ke dalam aplikasi.

"Kementerian PUPR juga telah mengajak 17 politeknik di seluruh Indonesia untuk membantu memantau jalan melalui aplikasi tersebut," kata Arief.

Ia mengimbau, apabila masyarakat menemukan kondisi jalan atau jembatan yang rusak, segera laporkan melalui aplikasi Jalan Kita yang tersedia di Appstore serta Playstore. Bisa juga, menghubungi Call Center Bina Marga di nomor 081283835757.

“Paling lambat tiga hari sejak laporan diterima, sudah harus ada penanganan perbaikan jalan yang rusak tersebut. Jika lebih dari tiga hari, balai atau satuan kerja (satker) yang bersangkutan akan ditegur oleh pimpinan,” tegas Arief.

Selain Jalan Kita, Kementerian PUPR juga mengembangkan aplikasi Sistem Informasi Dini Lalu Lintas (SINDILA). Aplikasi itu terdiri dari sensor alat penghitung volume lalu lintas, software penganalisis kinerja lalu lintas dan juga variable message sign (VMS).

Arief menambahkan, hingga saat ini, SINDILA telah diaplikasikan di Jembatan Sedayu Lawas (Lamongan), Jembatan Comal A dan B (Pemalang), Jembatan Cindaga (Banyumas), Jembatan Tanggulangin (Kudus), dan beberapa titik lainnya.

Kompas Video Saat melintasi ruas Tol Bangil-Rembang pengendara disuguhi pemandangan indah Gunung Arjuno.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com