Basuki "Sulap" Ruang Rapat Jadi Pusat Pemantau Mudik - Kompas.com

Basuki "Sulap" Ruang Rapat Jadi Pusat Pemantau Mudik

Haris Prahara
Kompas.com - 28/06/2017, 17:02 WIB
Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR Salah satu posko jalur Lebaran oleh Kementerian PUPR

JAKARTA, KompasProperti - Dalam upaya mendukung kelancaran arus mudik Lebaran 2017, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) berinovasi dengan teknologi.

Salah inovasi yang dikembangkan adalah memanfaatkan Situation Room Direktorat Jenderal (Ditjen) Bina Marga, yang difungsikan menjadi Pusat Pemantauan Kondisi Jalan Nasional (PPKJN).

Adapun ruang PPKJN itu sebelumnya merupakan ruang rapat yang acap kali difungsikan untuk konferensi video jarak jauh dengan para Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) seluruh Indonesia. 

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, PPKJN itu bermanfaat untuk mengetahui kondisi lalu lintas secara real time. Secara berkala pula kondisi itu dikoordinasikan dengan petugas di 340 Posko Siaga Sapta Taruna Bina Marga di beberapa titik ruas jalan nasional.

"Informasi arus lalu lintas dan kondisi jalan yang didapat PPKJN berasal dari CCTV milik kepolisian yang tersebar di sekitar 300 titik pos polisi pada ruas jalan nasional," ujar Basuki dalam keterangan tertulis yang diterima KompasProperti, Rabu (28/6/2017) sore.

Posko siaga tersebut berada di bawah koordinasi Kementerian Perhubungan bersama dengan Korlantas Polri, Basarnas, Kementerian Kesehatan dan Badan Meterologi Klimatologi Geofisika (BMKG). 

"Posko dilengkapi alat berat, material, dan operator sehingga apabila terjadi sesuatu, bisa cepat ditangani. Mudah-mudahan dengan koordinasi lebih baik kondisi mudik pun lebih baik daripada tahun lalu," kata Basuki.

Direktur Pengembangan Jaringan Jalan pada Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR, Rachman Arief Dienaputra menambahkan, PPJKN tersebut tak hanya memantau jalan nasional, tetapi juga mencakup jalan tol, terutama yang sifatnya fungsional.

“Untuk di Pulau Jawa, PPJKN terkoneksi dengan Nasional Traffic Management Center Kepolisian di Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur sampai Bali,” ungkap Arief.

Kompas Video Begini kondisi ruas Tol Jombang-Mojokerto.

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
PenulisHaris Prahara
EditorHilda B Alexander
Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM