H+2, Volume Kendaraan di Tol Bawen-Salatiga Masih Padat - Kompas.com

H+2, Volume Kendaraan di Tol Bawen-Salatiga Masih Padat

Mikhael Gewati
Kompas.com - 26/06/2017, 19:05 WIB
KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNG Kendaraan pemudik terpantau ramai keluar di Gerbang Tol Salatiga, Salatiga, Jawa Tengah, Rabu (21/6/2017). Pemudik berasal dari Jalan Tol Bawen-Salatiga yang sudah difungsionalkan pada H-7.

UNGARAN, KOMPAS.com – Pada H+2 Lebaran ini volume kendaraan yang melalui ruas Tol Bawen-Salatiga, masih terlihat tinggi. Kepadatan sudah mulai terjadi di gerbang tol (GT) Banyumanik, Bawen, dan Salitaga.

Manajer Operasional PT Trans Marga Jateng (TMJ) Fauzi Abdurrahman mengatakan, hal itu terjadi karena adanya pertemuan antara arus mudik dan silaturrahmi Lebaran pada Senin (26/6/2017).

Sementara itu, guna mengatasi kepadatan tersebut, Fauzi mengatakan, TMJ tengah melakukan sistem buka tutup, terutama di KM 35.

“Saat ini kepadatan di Salatiga sudah mulai mencair, dan jalurnya juga sudah kami buka,” ujar Fauzi, saat dihubungi KompasProperti, Senin(26/6/2017).

Dia pun memprediksi untuk Selasa besok (27/6/2017) seharusnya sudah tidak ada lagi arus mudik dan berganti menjadi arus balik.

TMJ memperkirakan puncak arus balik akan terjadi pada H+4 Lebaran atau Kamis (29/6/2017).

Menurut Fauzi bakal ada 106.000 kendaraan yang melalui tol Bawen-Salatiga saat puncak arus balik nanti.

Guna mengantisipasi lonjakan arus balik tersebut TMJ telah mempersiapkan berbagai langkah.

“Sesuai Standard Operational Procedure (SOP) kami akan memberlakukan rekayasa lalu lintas bila ada antrean sepanjang 1 kilometer,"  kata dia.

Rekayasa yang dimaksud, lanjut Fauzi, adalah dengan menutup jalur tol dan mengeluarkan kendaraan melalui GT Bawen. 

Kompas Video Ruas Tol Bawen-Salatiga yang termasuk bagian dari Jalan tol Semarang-Solo akan digunakan saat mudik Lebaran 2017.

 

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
PenulisMikhael Gewati
EditorHilda B Alexander

Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM