Pemudik Masih Padat, Tol Darurat Pemalang-Batang Kembali Dibuka - Kompas.com

Pemudik Masih Padat, Tol Darurat Pemalang-Batang Kembali Dibuka

Hilda B Alexander
Kompas.com - 26/06/2017, 13:53 WIB
Dokumentasi PT Waskita Toll Roads KOndisi aktual jalur tol darurat Brebes Timur-Pemalang-Batang, Senin (26/6/2017). Kondisi lalu lintas masih padat merayap.

PEMALANG, KompasProperti - Setelah sempat ditutup pada pagi hari hingga pukul 10.00 WIB. Senin (26/6/2017), jalan tol darurat Brebes Timur-Pemalang-Batang, ruas Pemalang-Batang, Jawa Tengah, kembali dibuka.

"Tadi pagi sempat ditutup. Tapi sekarang sudah dibuka kembali. Situasional tergantung kepadatan lalu lintas di Brebes Timur Exit (Brexit). Ternyata H+1 dan H+2 masih ramai," terang Sekretaris Perusahaan PT Waskita Toll Road, Eka Sjarief, kepada Tim Merapah Trans-Jawa Kompas.com dan Otomania.com, Senin (26/6/2017). 

Eka melanjutkan, pemberlakuan buka-tutup akses ini karena kondisi lalu lintas di Brexit tidak dapat diakomodasi oleh jalur reguler non-tol Pantai Utara (pantura) Jawa.

Baca: Lebaran Kedua, Mobil Pelat B Padati Jalur Darurat

Hal ini kemudian memaksa PT Waskita Toll Road selaku pengembang dan pengelola jalan tol Brebes Timur-Pemalang-Batang, membuka akses Pemalang menuju Gringsing Exit.

"Sambil buka akses, kami juga melakukan perbaikan jalan, dan penambahan rambu lalu lintas," imbuh Eka.

Dia menjelaskan, awalnya mereka berencana menutup jalur darurat Brebes Timur-Pemalang-Batang mulai Minggu (25/6/2017) dan Senin (26/6/2017), bahkan hingga Selasa (27/6/2017).

Akses ini akan dibuka kembali pada Rabu (28/6/2017) untuk arus balik dengan memfungsikan pintu masuk Kali Gangsa, seraya melakukan perbaikan jalan, reposisi rambu, dan tolo-tolo (beton pembatas jalan).

"Namun karena arus mudik masih padat, rencana awal itu dibatalkan," cetus Eka.

Kompas Video Tol Brebes Timur-Pemalang, dan Pemalang-Batang merupakan dua ruas yang difungsikan secara darurat pada Senin (19/6/2017).

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
PenulisHilda B Alexander
EditorHilda B Alexander
Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM