Lebaran Kedua, Mobil Pelat B Padati Jalur Darurat - Kompas.com

Lebaran Kedua, Mobil Pelat B Padati Jalur Darurat

Hilda B Alexander
Kompas.com - 26/06/2017, 10:15 WIB
Amir Sodikin/Kompas.com Jalur darurat Brebes Timur-Pemalang dipenuhi kendaraan pelat B asal jakarta, Senin (26/6/2017).

PEMALANG, KompasProperti - Hari kedua Idul Fitri 2017, Senin (26/6/2017), kondisi arus lalu lintas di tol operasional dan tol darurat, terpantau padat. 

Tol operasional Jakarta-Cikampek, mengalami peningkatan volume kendaraan yang mengakibatkan kepadatan lalu-lintas kendaraan menuju arah Cikampek.

Antrean panjang juga terjadi di jalur darurat Brebes Timur-Batang ruas Pemalang-Batang,. Kondisi arus lalu lintas di ruas ini terpantau padat merayap. 

Berbagai jenis kendaraan yang didominasi Pelat B atau asal Jakarta, memadati jalur yang dibangun PT Waskita Toll Road ini.

"Ini semua yang memadati jalur ini Pelat B," ujar Amis Sodikin kepada Tim Merapah Trans-Jawa Kompas.com dan otomania.com, Senin (26/6/2017).

Amir Sodikin/Kompas.com Perbaikan jalan darurat di ruas Brebes Timur-Pemalang, Senin (26/6/2017) menyebabkan terjadinya antrean panjang kendaraan.
Amir yang melakukan perjalanan pulang ke kampung halaman di Jawa Tengah, mendapati kepadatan sudah terjadi di Jalan tol Jakarta-Cikampek, Cikopo-Palimanan (Cipali), Palimanan-Kanci (Palikanci) hingga Kanci-Pejagan dan kemudian Brebes Timur-Batang.

Antrean panjang kendaraan di tol operasional, kata Amir, terjadi karena pergantian pemanfaatan rest area atau Tempat Istirahat (TI).

"Di KM 207 di Palikanci, contohnya. Rest area di sini sangat kotor, jorok. Toiletnya juga kotor," imbuh Amir. 

Kendaraan tersendat karena antrean di rest area, dibenarkan AVP Corporate Communication PT Jasa Marga (persero) Tbk Dwimawan Heru Santoso.

Heru menyebut, kepadatan yang terjadi, bahkan, sejak di tempat istirahat dan pelayanan (TIP) atau rest area  50, TIP 57 dan Parking Bay 59 arah Cikampek.

"Untuk mengurai kepadatan itu, mulai pukul 09.05 WIB kami melakukan rekayasa lalu-lintas berupa contra flow  kendaraan arah Cikampek dari KM 50 sampai KM 61," terang Heru.

Memasuki jalur darurat Brebes Timur-Pemalang, kepadatan yang sama juga terjadi. Di ruas ini atau tepatnya di Kejambon 2, terdapat perbaikan jalan.

Amir Sodikin/Kompas.com Pengguna jalur darurat Brebes Timur-Pemalang diarahkan keluar Pemalang Exit Sta 332. Pasalnya, jalur darurat Pemalang-Batang dengan pintu keluar terakhir Gringsing Exit ditutup pada Senin (26/6/2017).
Aktivitas perbaikan jalan inilah yang menyebabkan kecepatan kendaraan melambat. Akibatnya, terjadi antrean panjang.

"Pengelola menutup ruas Pemalang-Batang ke arah Gringsing. Jadi kami keluar dari jalur darurat melalui Pemalang Exit Sta 332. Selepas ini kondisi lalu lintas mulai lancar," jelas Amir.

Dia pun menyarankan kepada pemudik gelombang kedua dengan tujuan Pekalongan, Semarang, atau Solo, untuk keluar di Pemalang Exit.

Kompas Video Tol Brebes Timur-Pemalang, dan Pemalang-Batang merupakan dua ruas yang difungsikan secara darurat pada Senin (19/6/2017).

 

 

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
PenulisHilda B Alexander
EditorHilda B Alexander
Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM