Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

H-1 Lebaran, Volume Kendaraan Arus Mudik di Tol Cipali Berkurang

Kompas.com - 24/06/2017, 12:04 WIB
Cahyu Cantika Amiranti

Penulis


KOMPAS.com – Volume jumlah kendaraan di Tol Cikopo-Palimanan (Cipali), khususnya di Gerbang Tol (GT) Palimanan pada Sabtu (24/6/2017), hingga pukul 06.00 WIB, sudah mulai berkurang. Namun, tetap mencapai lebih dari tiga kali lipat jumlah normal.

Total kendaraan yang melintas di GT Palimanan, baik keluar maupun masuk, arah Cirebon dan Jakarta pada Jumat (23/6/2017) pukul 06.00 WIB hingga Sabtu (24/6/2017) pukul 06.00 WIB sekitar 78.391 unit kendaraan.

Adapun volume kendaraan yang masuk GT Palimanan arah Jakarta sebanyak 16.556 unit, sedangkan yang keluar dari GT Palimanan arah Cirebon mencapai 61.835 unit. Jumlah ini lebih rendah empat persen dari satu hari sebelumnya, yaitu 64.875 unit.

“Secara jumlah sedikit berkurang, namun volume lalu lintas di H-1 masih tetap padat. Adapun pada kondisi normal kendaraan yang keluar masuk tol Cipali melalui GT Palimanan tercatat 26.000-30.000 unit. Dengan demikian, pagi ini kami tetap mengoperasikan 25 gardu di GT Palimanan Utama untuk memperlancar arus kendaraan,” jelas, Wakil Presiden Direktur PT Lintas Marga Sedaya (LMS), Firdaus Azis, dalam rilis yang diterima KompasProperti, Sabtu (24/6/2017).

Firdaus pun mengimbau kepada para pengemudi untuk tidak memaksakan diri masuk ke dalam rest area jika sudah penuh.

Sebagai alternatif, mereka dapat beristirahat di luar area tol Cipali dengan keluar melalui gerbang tol terdekat.

Setelah itu, pengemudi bisa masuk kembali ke dalam tol dengan jumlah tarif tetap sama dengan yang harus dibayarkan.

“Misalnya, pengguna dari GT Cikarang Utama keluar di GT Subang, lalu masuk lagi hingga GT Palimanan Utama, total tarif yang dibayarkan akan sama dengan tarif langsung dari GT Cikarang Utama ke GT Palimanan Utama. Jumlah tarifnya adalah Rp 111.000 atau tarif normal,” ucap Firdaus.

Sementara itu, bagi pengemudi yang hendak mengisi bahan bakar di rest area, mereka dapat memanfaatkan Bahan Bakar Minyak (BBM) berukuran 5-10 liter yang disiapkan Pertamina. Hal ini untuk menghindari antrian panjang di SPBU.

Selain itu, LMS juga mengimbau agar pengguna jalan tol tidak membeli barang di pedagang asongan yang berada di sepanjang tol Cipali agar tidak terjadi kemacetan.

Apabila memerlukan keterangan lebih lanjut, masyarakat dapat menghubungi info layanan tol Cipali pada nomor telepon 0260-7600-600.

Kompas Video Saat melintasi ruas Tol Bangil-Rembang pengendara disuguhi pemandangan indah Gunung Arjuno.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com