Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hingga Jumat Siang, Nyaris Setengah Juta Kendaraan Tinggalkan Jakarta

Kompas.com - 23/06/2017, 17:48 WIB
Dani Prabowo

Penulis

CIKARANG, KompasProperti - Tak kurang dari 430.000 atau nyaris setengah juta kendaraan meninggalkan Jakarta melalui Gerbang Tol (GT) Cikarang Utama, sejak H-6 hingga H-3 lebaran atau Kamis (22/6/2017).

Kamis (22/6/2017) kemarin, tercatat 106.000 kendaraan meninggalkan Ibu Kota melalui gerbang tol tersebut.

Menurut Corporate Communication PT Jasa Marga (Persero) Tbk Dwimawan Heru Santoso, terjadi peningkatan arus kendaraan pada H-3 bila dibandingkan lalu lintas harian rata-rata (LHR) normal.

"Peningkatan sebesar 34 persen dari LHR normal yang sebanyak 78.000 kendaraan," kata Dwimawan dalam keterangan tertulis yang diterima KompasProperti, Jumat (23/6/2017).

Kendati meningkat, namun jumlah tersebut justru menurun bila dibandingkan sehari sebelumnya atau H-4 lebaran, yang tercatat mencapai 116.000 kendaraan.

Dari catatan Jasa Marga, jumlah kendaraan yang meninggalkan Jakarta pada H-6 sebanyak 100.000 kendaraan. Berikutnya, melonjak menjadi 108.000 kendaraan pada H-5 dan 116.000 kendaraan pada H-4.

Untuk mengetahui perkembangan situasi terkait kemacetan di jalan tol, Jasa Marga menyediakan berbagai akses informasi yang diperlukan masyarakat, mulai dari call center 24 jam di 14080, akun Twitter @PTJASAMARGA (khusus informasi lalu lintas) dan @official_JSMR (untuk informasi umum lainnya).

Selain itu, informasi juga dapat diperoleh melalui akun Instagram @official.jasamarga, aplikasi Mobile JMCARe, serta melalui laman Jasa Marga di http://www.jasamarga.com.

Kompas Video Kompas.com - Tim Merapah Trans Jawa Kompas.com dan Otomania.com kembali memantau perkembangan pembangunan Tol Brebes Menuju Pemalang. Tim akan menelusuri ruas Tol baru dari Brebes hingga Surabaya.
Kompas Video Ruas Tol Bawen-Salatiga yang termasuk bagian dari Jalan tol Semarang-Solo akan digunakan saat mudik Lebaran 2017.
Kompas Video Para pengguna jalur Tol Ruas Solo-Sragen wajib waspada dikarenakan terdapat 54 Persimpangan dengan jalur warga.
Kompas Video Begini kondisi ruas Tol Jombang-Mojokerto.
Kompas Video Saat melintasi ruas Tol Bangil-Rembang pengendara disuguhi pemandangan indah Gunung Arjuno.
Kompas Video Tol Brebes Timur-Pemalang, dan Pemalang-Batang merupakan dua ruas yang difungsikan secara darurat pada Senin (19/6/2017).


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com