Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jumat Siang, Jumlah Kendaraan di Tol Cipali Berkurang

Kompas.com - 23/06/2017, 17:07 WIB
Arimbi Ramadhiani

Penulis

CIKOPO, KompasProperti - Jumlah kendaraan yang melintas di Tol Cikopo-Palimanan (Cikopo) di Gerbang Tol (GT) Palimanan arah Cirebon dan Jakarta) pada pukul 14.00 WIB Jumat siang, (22/6/2017) mengalami penurunan.

Dibandingkan Kamis siang pukul 14.00 WIB, jumlah kendaraan berkurang 11 persen dari yang sebelumnya 29.202 unit menjadi sebanyak 25.889 unit kendaraan.

Namun volume kendaraan pada Jumat siang ini lebih tinggi dari pagi tadi pada pukul 06.00 WIB yang masih 23.917 unit.

Pada siang ini, kendaraan yang keluar dari GT Palimanan Utama arah Cirebon tercatat 19.784 unit, sedangkan yang masuk GT Palimanan arah Jakarta sebanyak 6.105 unit.

Adapun pada Jumat pagi, kendaraan yang keluar GT Palimanan arah Cirebon sebanyak 18.552 unit dan 5.365 unit ke arah Jakarta.

"Kemungkinan arus lalu lintas yang mengarah ke Jawa Tengah masih akan terus berlangsung sepanjang hari ini mengingat hari ini dimulainya cuti bersama," tutur Wakil Presiden Direktur PT Lintas Marga Sedaya (LMS), Firdaus Azis melalui keterangan tertulis kepada KompasProperti, Jumat (23/6/2017).

Ia mengimbau kepada seluruh pengguna jalan tol untuk tidak memaksakan diri memasuki tempat istirahat (TI) di jalan tol Cipali.

Jika kondisinya sudah penuh, para pengguna jalan disarankan mencari TI berikutnya. Hal tersebut untuk mengantisipasi antrian panjang menjelang TI.

Selain itu, Firdaus juga berharap pengemudi tidak terlalu lama berada di rest area agar dapat bergantian dengan pengemudi lainnya, sehingga tidak terjadi penumpukkan.

"Jika memang rest area sudah penuh, pengemudi juga dapat keluar dari gerbang tol terdekat, mencari tempat istirahat di luar tol," sebut Direktur Operasional LMS, Rinaldi.

Setelah itu, lanjut dia, pengemudi bisa masuk kembali ke Tol Cipali. Pengemudi tidak perlu khawatir akan tarif tolnya.

Pasalnya, jika biayanya ditotal dari awal masuk akan tetap sama jika dibandingkan dengan besaran tarif tol dari gerbang awal dan keluar di GT Palimanan.

Rinaldi mencontohkan, saat pengemudi masuk dari GT Cikarang Utama dan keluar di GT Subang untuk beristirahat sejenak di luar jalan tol dan kemudian masuk lagi ke Tol Cipali melalui GT Subang.

Lalu, pengemudi melanjutkan perjalanan hingga ke GT Palimanan, maka total tarif tol yang dibayarkan akan sama dengan tarif tol perjalanan langsung dari GT Cikarang Utama ke GT Palimanan yaitu sebesar Rp 111.000.

"Ini dikarenakan Tol Cipali menggunakan sistem tarif tol tertutup," tambah Rinaldi.

Kompas Video Tol Brebes Timur-Pemalang, dan Pemalang-Batang merupakan dua ruas yang difungsikan secara darurat pada Senin (19/6/2017).
Kompas Video Para pengguna jalur Tol Ruas Solo-Sragen wajib waspada dikarenakan terdapat 54 Persimpangan dengan jalur warga.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com