Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baru Mau Mudik Naik Motor, Ingatlah Tips Berikut Ini

Kompas.com - 23/06/2017, 15:29 WIB
Dani Prabowo

Penulis

JAKARTA, KompasProperti - Sepeda motor menjadi salah moda transportasi yang digemari masyarakat saat mudik Lebaran.

Kendaraan roda dua itu dinilai cukup efektif untuk menembus kemacetan, saat melintasi jalan nasional non-tol.

Bagi Anda yang berencana mudik dengan menggunakan sepeda motor perhatikan hal-hal berikut ini sebelum menggunakannya. 

Pertama, pastikan kondisi kendaraan dan Anda dalam keadaan sangat prima. Anda hendak melakukan perjalanan jauh.

Bayang-bayang kemacetan pun bersiap menyambut Anda di jalan. Tanpa didukung kondisi fisik yang prima, tentu hal tersebut akan merepotkan Anda sendiri.

KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNG Pemudik bersepeda motor melintas di jalur Alas Roban, Kabupaten Batang, Jawa Tengah, Kamis (22/6/2017). Jalur mudik Alas Roban terpantau ramai lancar dan belum terlihat penumpukan arus pemudik yang melewati jalur Pantai Utara (Pantura).
Selanjutnya, istirahatlah bila Anda mulai merasa letih. Jangan paksakan diri Anda untuk berkendara melebihi batas kemampuan Anda.

Ingat, tubuh Anda bukan robot, sehingga perlu dicas dengan beristirahat. Manfaatkan posko mudik yang tersedia di sepanjang jalan.

Gunakan helm, jaket, celana panjang, sarung tangan, masker, sepatu dan kaos kaki saat berkendara. Hal itu diperlukan agar Anda terhindar dari paparan debu atau angin secara langsung.

Bila diperlukan, bawalah jas hujan. Kondisi cuaca di sepanjang jalan tidak dapat diprediksi. Sewaktu-waktu Anda dapat diguyur hujan ketika melintas di jalan.

KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNG Pemudik bersepeda motor melintasi Jalur Pantura Indramayu - Cirebon, Jawa Barat, Jumat (23/6/2017). Pada H-2 Lebaran, jalur Pantura dipadati kendaraan pemudik khususnya kendaraan roda dua.
Kelima, jangan membawa barang muatan secara berlebihan. Mengikat kayu di belakang motor untuk menempatkan tas, bukan lah pilihan bijak.

Selain dapat mengganggu pengguna jalan lain, juga akan berpengaruh kepada performa sepeda motor. Bijaklah dalam membawa barang bawaan.

Terakhir, patuhi rambu-rambu lalu lintas dan arahan petugas di lapangan. Aparat kepolisian dan Dinas Perhubungan tentu lebih mengetahui secara pasti kondisi di lapangan.

Pasalnya, mereka setiap waktu terus berkoordinasi memantau kepadatan arus untuk mengambil keputusan sigap guna mengurainya. Percayalah kepada petugas di lapangan demi keselamatan Anda.

Selamat mudik. 

Kompas Video Saat melintasi ruas Tol Bangil-Rembang pengendara disuguhi pemandangan indah Gunung Arjuno.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com