Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sebelum Mudik, Perhatikan Lima Hal Berikut Ini

Kompas.com - 23/06/2017, 12:48 WIB
Dani Prabowo

Penulis

JAKARTA, KompasProperti - Puncak arus mudik lebaran diprediksi jatuh pada H-2 dan H-1 lebaran atau Jumat (23/6/2017) dan Sabtu (24/6/2017).

Bagi Anda yang berencana mudik hari ini, ada baiknya bila Anda memperhatikan hal-hal berikut sebelum meninggalkan rumah.

Pertama, pastikan seluruh akses masuk ke rumah Anda terkunci. Mulai dari jendela, pintu hingga pagar. Jangan sampai rumah yang kosong menjadi sasaran pencuri.

Kedua, cabut saluran gas dan seluruh peralatan elektronik yang masih menempel, seperti kipas angin, mesin cuci, dispenser, microwave hingga magicjar.

Hal itu guna menghindari terjadinya arus pendek saat ditinggalkan.

Berikutnya, pastikan saluran pam dan keran air dalam keadaan tertutup atau mati.

Keempat, simpan barang berharga yang tidak Anda bawa di tempat yang aman. Pastikan, bahwa barang-barang tersebut tersimpan di tempat yang hanya Anda ketahui.

Terakhir, titipkan kunci rumah kepada orang yang Anda percayai. Tak lupa beri kabar kepada pengurus RT/RW setempat bahwa Anda akan melakukan perjalanan mudik dalam beberapa hari ke depan.

Selamat mudik. Semoga sampai di tempat tujuan dengan selamat.

Kompas Video Tol Brebes Timur-Pemalang, dan Pemalang-Batang merupakan dua ruas yang difungsikan secara darurat pada Senin (19/6/2017).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com