Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Macet di Tol Cikampek, "Contraflow" Berlaku di KM 32-41

Kompas.com - 23/06/2017, 10:54 WIB
Dani Prabowo

Penulis

CIKAMPEK, KompasProperti - Volume kendaraan yang melintasi jalur Tol Jakarta-Cikampek (Japek) terus mengalami peningkatan sejak Kamis (22/6/2017) malam.

PT Jasamarga cabang Japek pun memberlakukan sistem buka tutup atau contraflow mulai dari KM 32 hingga KM 41.

Menurut Corporate Communication PT Jasa Marga (Persero) Tbk Dwimawan Heru Santoso, saat ini kepadatan arus kendaraan terpantau mulai dari KM 20 hingga KM 29. Selain itu, kepadatan juga terpantau selepas Gerbang Tol (GT) Cikarang Utama sampai KM 36.

"Saat ini melakukan rekayasa lalu lintas contraflow yang diberlakukan di dua titik," jelas Dwimawan dalam keterangan tertulis yang diterima KompasProperti, Jumat (23/6/2017).

Pemberlakuan contraflow di KM 32 sampai KM 41 dilakukan untuk mencairkan kepadatan di KM 36, juga di KM 39 jelang rest area atau tempat istirahat (TI). Pemberlakukan contraflow sudah mulai dilakukan sejak pukul 09.25 WIB.

"Setelah itu lalin akan ditarik lagi dengan contraflow kedua dai KM 13 hingga KM 21," kata dia.

Ia menambahkan, pemberlakuan contraflow merupakan diskresi aparat kepolisian. PT Jasamarga cabang Japek hanya menyiapkan sarana pendukung seperti rambu, rubber cone dan petugas.

Ia mengimbau, bagi pemudik yang hendak memanfaatkan contraflow harap mengambil jalur kanan.

Dwimawan memastikan, seluruh petugas aka berkoordinasi dengan aparat kepolisian guna memantau perkembangan lalu lintas di sepanjang jalan tol dan membuat rekayasa untuk melancarkannya.

Kompas Video Saat melintasi ruas Tol Bangil-Rembang pengendara disuguhi pemandangan indah Gunung Arjuno.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com