Atur Ulang Ruang Tamu Sebelum "Open House" Lebaran - Kompas.com

Atur Ulang Ruang Tamu Sebelum "Open House" Lebaran

Auzi Amazia Domasti
Kompas.com - 22/06/2017, 16:27 WIB
www.houzz.com Ruang tamu merupakan ruang yang penting ketika sedang berkumpul dengan kawan dan kerabat.

KOMPAS.com - Lebaran tinggal menghitung hari. Keluarga Dina (33) tidak mudik dan bersiap menggelar open house untuk menyambut sanak saudara dan tamu lain yang berkunjung. Berbagai persiapan dilakukan, mulai dari memilih menu makanan hingga menata ulang rumahnya.

Ia sadar, ruang tamu rumah sudah lama tidak diperhatikan. Sarung bantal sofa sudah kusam dan gorden jendela sudah terlalu lama dipakai. Dina ingin ada perubahan di ruang tamunya sebagai simbol pembaruan.

Penataan ulang ruang tamu dapat menciptakan suasana yang berbeda. Jangan takut untuk membuat para tamu terkagum sekaligus nyaman dengan keadaan baru tersebut. Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan,

1. Menata ulang tata letak perabotan
Mengubah letak sofa, meja, dan furniture lainnya bisa menimbulkan kesan berbeda. Perlu diperhatikan, walau ditata ulang, perabotan harus tetap bisa memberikan ruang gerak.

Sebelum membeli perabotan baru, pikirkan dulu di mana Anda akan meletakkannya. Sekarang, ada aplikasi yang bisa mengatur perkiraan tata letaknya. Melansir dari The Washington Post, Kamis (8/06/2017), aplikasi Planner 5D yang dapat diunduh di Google Play Store maupun AppStore, membuat pengguna bisa mengatur sendiri penataan perabotan seperti apa yang diinginkan.

2. Mengatur dekorasi foto
Coba atur kembali penataan foto keluarga, atau tambah pajangan foto-foto saat berlibur yang memancarkan momen bahagia. Kumpulan foto yang penuh di dinding bisa menjadi dekorasi yang bagus di ruang tamu.

www.decoist.com Cobalah mencetak foto-foto kenangan Anda menjadi hitam-putih atau sephia. Cara ini mampu membawa nuansa klasik fotografi ke dalam rumah Anda.
Referensi penataannya pun beragam. Mengutip dari shutterfly.com  Jumat (10/06/2016), Anda bisa menyusun bingkai foto di dinding dengan pengaturan ukuran yang sama atau freeform-bervariasi ukuran fotonya.

3. Tambah dekorasi bunga
Menghias ruangan dengan bunga segar bisa menambah keindahan ruang tamu di hari lebaran. Pilihlah bunga dengan warna-warna ceria.

Penelitian Dr. Jeannette Haviland Jones bersama rekan-rekannya dari Departemen Psikologi pada 2005, Rutgers-The State University of New Jersey, menunjukkan kehadiran bunga bisa membawa mood positif dan suasana bahagia.

4. Mengganti sarung bantal, sarung sofa, dan gorden
Saatnya mengganti sarung bantal dan gorden dengan yang bersih. Selaraskan pula penggunaan warna dan motifnya supaya ruang tamu semakin indah.

Menurut Pantone Colour Institute, warna kehijauan (greenery) atau perpaduan hijau kuning menjadi warna yang tren di tahun ini. Sehingga, bisa diaplikasikan ke ruang tamu Anda. Selain itu, warna tersebut merefleksikan sesuatu yang menenangkan dan imajinatif.

5. Pakai tempat kue unik
Lebaran tidak ketinggalan dengan aneka kue kering di meja ruang tamu. Pilihlah toples kaca maupun tempat kue unik untuk ditempatkan di meja ruang tamu Anda.  

Saat memilih tempat kue, pastikan terlebih dahulu keadaannya kering dan kedap udara, baru putuskan model yang akan dipakai. Toples yang kedap udara mampu menjaga rasa dan kualitas kue kering tetap baik.

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
PenulisAuzi Amazia Domasti
EditorKurniasih Budi
Komentar
Close Ads X