Gawat Darurat di Tol Salatiga, Pemudik Bisa Hubungi 0298-3430000 - Kompas.com

Gawat Darurat di Tol Salatiga, Pemudik Bisa Hubungi 0298-3430000

Kontributor Ungaran, Syahrul Munir
Kompas.com - 22/06/2017, 11:00 WIB
KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNG Kendaraan pemudik terpantau ramai keluar di Gerbang Tol Salatiga, Salatiga, Jawa Tengah, Rabu (21/6/2017). Pemudik berasal dari Jalan Tol Bawen-Salatiga yang sudah difungsionalkan pada H-7.

SALATIGA, KompasProperti - Salatiga menjadi perhatian Nasional menyusul dibukanya ruas Tol Bawen-Salatiga secara fungsional pada penyelenggaraan mudik dan balik Lebaran 2017.

Guna memberikan rasa aman dan nyaman bagi pemudik, baik PT Trans Marga Jateng (TMJ) sebagai Badan Uaha Jalan Tol (BUJT) maupun instansi terkait lainnya menyiapkan sarana prasarana dan fasilitas yang memadai.

Untuk urusan kesehatan, Dinas Kesehatan Kota (DKK) Salatiga telah menyiapkan fasilitas pelayanan 24 jam melalui tim khusus Salatiga Medical Emergency Service (SMES).

"Silakan pemudik yang melintasi Salatiga dan mengalami emergency terkait kesehatan, dapat segera hubungi kami melalui Call Center Sistem Penanggulangan Gawat Darurat Terpadu (SPGDT) di nomor 0298-3430000," ungkap Pelaksana Harian (Plh) Kepala DKK Salatiga Siti Zuraidah, Rabu (21/6/2017) malam.

Zuraidah berharap, nomor tersebut untuk dapat disimpan, sebagai langkah antisipatif jika sewaktu-waktu terjadi dan membutuhkan pertolongan medis.

"Melalui program layanan Public Safety Center (PSC) 119 SMES tersebut, maka petugas akan memberikan penanganan kegawatdaruratan secara medis," terangnya.

KOMPAS.com / Roderick Adrian Mozes Kendaraan pemudik terpantau ramai keluar di Gerbang Tol Salatiga, Salatiga, Jawa Tengah, Rabu (21/6/2017). Pemudik berasal dari Jalan Tol Bawen-Salatiga yang sudah difungsionalkan pada H-7.
Dengan mengakes nomor tersebut, pemudik bida mendapatkan pelayanan mobil ambulans dan pertolongan pertama kegawatdaduratan medis lainnya.

Sekadar contoh, ketika pemudik atau masyarakat mengalami gejala sakit jantung, stroke, hamil risiko tinggi, maupun kecelakaan lalu lintas segera menghubungi nomor tersebut. Selanjutnya petugas akan mendatangi lokasi pihak yang membutuhkan.

Selain pertolongan kegawatdaruratan, masyarakat yang mengakses PSC 119 SMES juga bisa mendapatkan sejumlah informasi. Seperti informasi kamar kosong di rumah sakit maupun puskesmas siaga 24 jam, serta stok darah di Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Salatiga.

"Gratis, tidak ada biaya," tegas dia.

Dalam memberikan layanan kesehatan bersifat emergency itu pula, DKK Salatiga telah bekerja sama dengan pihak kepolisian, PMI, RSUD Kota Salatiga, puskesmas, relawan lintas komunitas, termasuk juga layanan kesehatan milik swasta.

“Sejak Minggu (18/6/2017) seluruh petugas termasuk sarana-prasarana pendukung telah siap untuk membantu pemudik dalam memperoleh akses layanan kesehatan saat melintas atau berada di Salatiga," tambah Siti.

Selain di Jalan Hasanudin Nomor 110A, pusat PSC 119 SMES DKK Salatiga juga didirikan di Rest Area Taman Kota Bendosari Kumpulrejo Kecamatan Argomulyo.

Kompas Video Ruas Tol Bawen-Salatiga yang termasuk bagian dari Jalan tol Semarang-Solo akan digunakan saat mudik Lebaran 2017.

Simak laporan multimedia dan interaktif dari Tim Kompas.com terkait informasi seputar jalur mudik dalam format Visual Interaktif Kompas (VIK) di sini: http://vik.kompas.com/merapah-trans-jawa-2/

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
PenulisKontributor Ungaran, Syahrul Munir
EditorHilda B Alexander
Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM