Video: Tol Bawen-Salatiga, Status Fungsional Namun Mulus dan Indah - Kompas.com

Video: Tol Bawen-Salatiga, Status Fungsional Namun Mulus dan Indah

Kompas.com - 21/06/2017, 23:15 WIB
KOMPAS.com / GARRY ANDREW LOTULUNG Suasana Gerbang Tol (GT) Salatiga Ruas Tol Bawen-Salatiga, Jawa Tengah, Sabtu (17/6/2017). Ruas tol ini akan dibuka secara fungsional pada H-7 hingga H+7 Lebaran.

JAKARTA, KOMPAS.com - Jalan tol Bawen-Salatiga sepanjang 17,6 kilometer dibuka untuk umum dengan status sebagai tol fungsional. Jalan tol tersebut resmi dibuka Minggu (18/6/2017) pada pukul 00.30 WIB.

Pemudik yang melewati jalur tol Bawen-Salatiga tidak dikenakan biaya, namun dibatasi hanya untuk kendaraan Golongan I. Pemudik yang melewati jalan tol itu hanya dikenakan tarif Ungaran-Bawen Rp 7.500.

Jika mudik pada tahun lalu, ruas Tol Bawen-Salatiga hanya berfungsi 12 jam di siang hari, kini pada musim mudik 2017, tol Bawen-Salatiga sudah bisa dilewati siang-malam.

Tol Bawen-Salatiga yang sempat populer di media sosial ini sudah dilengkapi dengan fasilitas rest area di tiga titik, rambu, marka jalan, petunjuk arah, lampu penerang, gardu tol otomatis, dan lain-lain.

KOMPAS.com / GARRY ANDREW LOTULUNG Suasana Gerbang Tol (GT) Salatiga Ruas Tol Bawen-Salatiga, Jawa Tengah, Sabtu (17/6/2017). Ruas tol ini akan dibuka secara fungsional pada H-7 hingga H+7 Lebaran.
Jika nantinya di pintu gerbang tol Bawen-Salatiga terjadi kemacetan, operator tol akan membuka sistem buka tutup. Batasannya, jika antrean di Simpang Susun Salatiga mencapai 1 kilometer.

Ruas tol ini diklaim paling indah se-Indonesia. Tol Bawen-Salatiga dikelilingi empat gunung yang menawarkan panorama indah alami. Gunung-gunung tersebut adalah Merbabu, Sumbing, Merapi, dan Sindoro.

Jika Anda ingin melewati tol Bawen-Salatiga pada musim mudik 2017, Anda wajib menyimak video kondisi terkini tol tersebut di bawah ini. Video diproduksi oleh Tim Merapah Trans-Jawa dari Kompas.com dan Otomania.com. Tonton Merapah Trans-Jawa episode 2 ruas tol Bawen-Salatiga di bawah ini.

Kompas Video Ruas Tol Bawen-Salatiga yang termasuk bagian dari Jalan tol Semarang-Solo akan digunakan saat mudik Lebaran 2017.

Simak juga laporan multimedia dan interaktif dari Tim Kompas.com terkait informasi seputar jalur mudik dalam format Visual Interaktif Kompas (VIK) di http://vik.kompas.com/merapah-trans-jawa-2/

 

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
EditorAmir Sodikin
Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM