Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jalan Nasional Sumbar dan Bengkulu Siap Layani Mudik Lebaran

Kompas.com - 21/06/2017, 08:01 WIB
Arimbi Ramadhiani

Penulis

PADANG, KompasProperti - Selain jalur mudik di Jawa, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat juga menyiapkan jalur-jalur lainnya di Sumatera, Kalimantan, Bali dan Sulawesi.

Untuk wilayah Sumatera Barat (Sumbar) dan Bengkulu, Kepala Balai Pelaksana Jalan Nasional (BPJN) III Direktorat Jenderal (Ditjen) Bina Marga Syaiful Anwar mengatakan kondisi jalan nasional lintas barat Sumatra, terutama ruas Bengkulu–Sumbar dalam kondisi baik.

Ruas tersebut bisa dilalui sebagai jalur mudik Lebaran tahun ini, dengan kondisi jalan keduanya mendekati 90 persen per Semester I-2017.

"Secara umum, kondisinya bagus. Untuk Sumbar kondisinya 89 persen dan Bengkulu 87 persen. Nanti di akhir tahun di Sumbar mencapai kondisi 92,4 persen dan Bengkulu 94 persen," ujar Syaiful melalui keterangan tertulis yang diterima KompasProperti, Selasa 20/6/2017).

Keseluruhan jalan di bawah BPJN III yakni sepanjang 1.444,48 km di wilayah Sumbar, dan 739 km wilayah Bengkulu.

Memasuki H-6 Lebaran, perbaikan di sejumlah ruas di Sumbar meliputi penanganan longsor dan penutupan lubang, serta dengan penempatan personel di posko-posko siaga jalur mudik.

"Kami memobilisasi 16 posko Siaga Sapta Taruna di Sumbar dan 9 posko di Bengkulu. Posko tersebut dilengkapi dengan informasi rawan longsor, alat berat, serta petugas juga," kata dia.

Biro Komunikasi Publik Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyiagakan alat berat di jalan nasional Sumatera Barat.

Penanganan Longsor Jalur Bukit Tinggi-Pekanbaru

Syaiful mengatakan untuk kerusakan jalan akibat longsor pada ruas Bukittinggi–Pekanbaru KM 185, tepatnya di Pangkalan, Kabupaten Limapuluh Kota, pada hari Senin (19/6) telah ditanggulangi.

Jalan tersebut amblas pada tanggal 9 Juni 2017, sehingga harus mengorbankan satu lajur kendaraan dan menimbulkan gangguan bagi pengguna.

Saat ini, penambahan lajur telah dilakukan pada sisi lainnya sehingga di lokasi tersebut kembali dapat dilalui dengan dua lajur.

Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR Kondisi jalan nasional Sumatera Barat-Bengkulu

"Sudah 2 lajur kendaraan yang lewat, namun masih prime coat saja, belum diaspal," tambah Syaiful.

Untuk penanganan permanen berupa penimbunan, pengecoran akan dilakukan setelah masa Lebaran usai.

Adapun menurut Syaiful, untuk ruas jalan Bukit Tinggi-Lubuk Sikaping-Ranjau Batu-Batas Provinsi Sumut juga siap menghadapi mudik Lebaran

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com