Bayar Kontan Transaksi Tol Cipali, Dibulatkan Jadi Rp 110.000 - Kompas.com

Bayar Kontan Transaksi Tol Cipali, Dibulatkan Jadi Rp 110.000

Arimbi Ramadhiani
Kompas.com - 19/06/2017, 21:37 WIB
GARRY ANDREW LOTULUNG/Kompas.com Petugas GT Cipali tengah menghitung pengembalian uang tol penumpang yang melintasi Tol Cipali.

JAKARTA, KompasProperti - Pengelola Jalan Tol Cikopo-Palimanan atau Cipali, PT Lintas Marga Sedaya (LMS) memberlakukan pembulatan ke bawah untuk tarif tol golongan 1.

Pembulatan ini berlaku bagi kendaraan yang masuk dari Gerbang Tol Cikarang Utama dan keluar di Gardu Tol (GT) Palimanan.

"Untuk memperlancar transaksi, kita beri tarif yang normalisasi Rp 111.000 menjadi Rp 110.000," ujar Wakil Presiden Direktur Firdaus Azis saat jumpa pers di Jakarta, Senin (19/6/2017).

Dia menuturkan, masa berlaku pembulatan ini adalah 22-24 Juni 2017. Pembuatan tersebut juga berlaku khusus bagi pengendara yang membayar secara tunai.

Tujuan pembuatan ini adalah untuk mempercepat transaksi antara pengendara dengan petugas di gardu. Pasalnya, saat ini GT Cipali masih melayani transaksi menggunakan uang tunai.

"Itu sangat berpengaruh pada kecepatan transaksi. Kalau bagi (pendapatan) perusahaan pasti ada pengaruhnya, tetapi kita tetap memikirkan bagaimana beri yang terbaik pada pelanggan," kata Direktur Operasional LMS Rinaldi.

Meski demikian, ia menambahkan, pengemudi tetap diarahkan untuk melakukan transaksi menggunakan kartu tol elektronik. Hal tersebut, dinilai cukup efektif untuk mengurangi antrean di depan gerbang tol.

"Kalau biasa transaksi 12 detik dengan cashless bisa di bawah 3 detik. Jadi waktu yang dihemat sangat banyak," sebut Rinaldi.

 

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
PenulisArimbi Ramadhiani
EditorHilda B Alexander
Komentar
Close Ads X