Berapa Tarif Tol Rute Bekasi-Surabaya? Cek di Sini... - Kompas.com

Berapa Tarif Tol Rute Bekasi-Surabaya? Cek di Sini...

Arimbi Ramadhiani
Kompas.com - 18/06/2017, 14:09 WIB
Garry Andrew Lotulung/Kompas.com BMW X3 Tim Merapah Trans-Jawa 2017 Kompas.com dan Otomania.com melintas di Jalan Tol Bawen-Salatiga yang akan difungsionalkan pada momen mudik 2017.

JAKARTA, KompasProperti - Hari Raya Idul Fitri sudah di depan mata. Bagi Anda yang tengah bersiap-siap mudik ke kampung halaman menggunakan kendaraan pribadi, ada sejumlah ruas tol yang bisa dilintasi, khususnya Trans-Jawa.

Tol Trans-Jawa yang saat ini pekerjaannya tengah dikebut pemerintah, bisa menjadi alternatif bagi Anda karena ada beberapa ruas yang telah beroperasi dan fungsional atau dibuka secara darurat.

Nah, jika Anda berangkat dari Bekasi menuju Surabaya, sebaiknya Anda menyiapkan anggaran minimal Rp 213.500 untuk membayar tarif tol.

Rinciannya, perhitungan ini dimulai dari Gerbang Tol (GT) Cikarang Barat sampai Cikampek yang menarik tarif Rp 10.500 dan Cikopo-Palimanan (Cipali) Rp 109.500.

Setelah melintasi Cipali, Anda melewati ruas Palimanan-Kanci dan dikenai tarif sebesar Rp 11.500.

Selanjutnya, Anda akan sampai di ruas Tol Kanci-Pejagan yang menarik tarif Rp 21.500. Kemudian, menyambung dengan ruas tol tersebut, yakni Pejagan-Brebes Timur/Kaligangsa bertarif Rp 21.500.

Keluar dari Brebes Timur, Anda akan melalui ruas tol yang baru fungsional sampai Gringsing. Untuk melewati ruas ini, Anda bebas biaya.

Keluar dari Gringsing, Anda akan melewati jalan nasional sehingga tidak diberlakukan tarif. Anda akan kembali membayar ketika masuk tol Semarang-Solo senilai Rp 13.500.

Setelah sampai di Solo, Anda akan menemukan Solo-Ngawi sepanjang 90,42 kilometer yang fungsional selama Lebaran, sehingga tidak dipungut biaya.

Berlanjut ke ruas Tol Ngawi-Kertosono, dari ketiga seksi yang dibangun, dua di antaranya yakni Seksi 1 Ngawi IC-Madiun IC Segmen Klitik-Sawahan dan Seksi III Caruban IC -Nganjuk IC khusus Segmen Purworejo-Wilangan dibuka secara fungsional.

Sedangkan untuk Kertosono-Mojokerto, ruas yang sudah operasional yakni Seksi 1 Bandar-Jombang, dengan tarif sebesar Rp 10.000.

Sementara tiga seksi lainnya masih bisa Anda gunakan pada Lebaran ini secara gratis karena statusnya fungsional.

Ruas terakhir yang Anda lewati adalah Tol Mojokerto-Surabaya, dengan tarif sebesar Rp 15.500, khususnya untuk seksi Krian-Mojokerto.


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
PenulisArimbi Ramadhiani
EditorHilda B Alexander
Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM