Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Basuki Jamin Semarang Bebas Rob Saat Mudik 2017

Kompas.com - 18/06/2017, 10:09 WIB
Kontributor Semarang, Nazar Nurdin

Penulis

SEMARANG, KompasProperti - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuldjono memastikan Jalan Pantura Semarang bebas banjir rob saat arus mudik Lebaran tahun ini.

Kepastian itu setelah selesainya pembangunan Polder Sringin, di belakang kampus Unisula Semarang. Jalan Pantura pun menjadi kering, dan sudah tidak ada genangan lagi.

"Kalau rob lagi gak (akan) ada," kata Basuki, saat di Semarang, Jumat (16/6/2017) lalu.

Basuki yakin, jalan Pantura siap dilalui untuk arus mudik tahun ini dengan jalan yang kering. Keyakinan diperkuat dari informasi Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) yang memprediksi tidak ada cuaca ekstrim.

Jika memang nanti curah hujan cukup tinggi saat mudik, Kementerian PUPR menyediakan langkah lain agar air bisa hilang dari jalanan.

"Menurut BMKG tidak ada cuaca ekstrim, tapi nanti kalau curah hujan tinggi nanti disiapkan pompa mobile," tambah dia.

Lalu, jika banjir rob kembali terjadi, apa antisipasinya. "Antisipasinya, kalau ekstrim betul kita siapkan pompa. Tapi Karena rob kami yakin tidak terjadi, tapi kalau hujan biasanya genangan dan itu perlu dipompa," tambahnya. Untuk informasi, untuk memperkuat program penanggulangan banjir rob, kementerian PUPR juga akan membangun tanggul laut di area terkait. Tanggul laut juga akan difungsikan sebagai Jalan Tol dari Semarang ke Kabupaten Demak. (K93-14)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com