Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga Sewa Rusunawa Temanggung Rp 100 Ribu Per Bulan

Kompas.com - 18/06/2017, 05:11 WIB
Dani Prabowo

Penulis

TEMANGGUNG, KompasProperti - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Rumah Susun Sewa (Rusunawa) Parakan Wetan di Jalan Parakan Campur Salam, Kelurahan Parakan Wetan, Kecamatan Parakan, Kabupaten Temanggung, Sabtu (17/6/2017).

Masyarakat yang ingin menyewa rusunawa tersebut tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam untuk membayar uang sewa bulanannya.

"Kemarin di Jawa Tengah yang sudah dibangun pada 2015, kurang lebih Rp 100.000. Nah tadi saya tanyakan ke kepala dinas, kurang lebih (di sini) sekitar segitu lah Rp 100.000," kata Direktur Jenderal Penyediaan Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Syarif Burhanuddin di lokasi.

Ia mengatakan, bila dibandingkan sewa kos yang ada di daerah sekitar rusun, harga yang ditawarkan relatif jauh terjangkau. Jarga sewa kos di daerah tersebut mencapai Rp 400.000 per bulan.

"Kalau dia pakai AC Rp 400.000, kalau tidak Rp 300.000. Itu pun kamar mandi di luar," kata dia.

Dengan harga sewa yang murah, diharapkan masyarakat memiliki kemampuan untuk menabung. Dengan demikian, masyarakat ke depan dapat membeli rumah milik mereka sendiri.

Untuk diketahui, rusunawa yang diresmikan Presiden Jokowi tersebut berdiri di atas lahan seluas 2.638 meter persegi. Ada 114 unit ruangan dengan tipe 24.

Masing-masing unit telah dilengkapi dengan fasilitas pendukung seperti satu unit tempat tidur slorok, dua unit meja belajar, dua unit kursi belajar, serta dua unit lemari ukuran sedang.

Setiap unit juga dilengkapi kamar mandi yang sudah dilengkapi wastafel, shower dan tempat buang air kecil.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com