Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Masyarakat DIY Tak Perlu Takut Kehabisan Elpiji

Kompas.com - 18/06/2017, 05:01 WIB
Wijaya Kusuma

Penulis

YOGYAKARTA, KompasProperti - Masyarakat di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) tidak perlu risau ketika kehabisan elpiji di hari lebaran.

Pasalnya, ada agen dan pangkalan siaga di setiap kabupaten/kota yang tetap buka untuk melayani masyarakat dari H-7 sampai dengan H+7 lebaran.

Ketua Himpunan Wiraswasta Nasional Minyak dan Gas Bumi (Hiswana Migas) DIY, Siswanto mengatakan selama lebaran, bersama PT Pertamina (persero) Tbk membuat posko satgas siaga selama lebaran.

"Sesuai instruksi Pertamina selama lebaran setiap agen menjadi posko satgas siaga ," ujar Siswanto saat dihubungi, Sabtu (17/06/2017).

Dia menyampaikan, setiap agen di DIY diminta untuk menunjuk lima pangkalan di wilayahnya menjadi satgas. Nantinya agen dan pangkalan tersebut akan bersiaga dari H-7 sampai H+7 Lebaran.

"Ada 50 agen di DIY, jadi kalau setiap agen memilih lima pangkalan, total ada 250 pangkalan yang akan buka di hari Lebaran untuk melayani masyarakat di setiap kabupaten/kota," tegasnya.

Selain melayani permintaan, tugas posko satgas siaga ini juga untuk melakukan pengawasan ketersediaan elpiji di setiap wilayah di DIY. Tak hanya itu, satgas ini juga akan bertugas memantau harga.

"Saya rasa untuk lebaran tidak terjadi kelangkaan. Yang terpenting bahwa untuk gas bisa tercukupi," tutur Siswanto.

Tetapi jumlah itu bisa ditambah sesuai dengan kondisi dan situasi permintaan.

"Tapi kalau misalnya ada permintaan meningkat, akan ditambah," ucapnya.

Menurut dia selama lebaran Pemda juga diharapkan untuk turut memantau kondisi wilayah masing-masing.

Sebab jika dirasa ada kekurangan, yang berhak mengajukan tambahan adalah pemda. "Kalau ada kekurangan, yang berhak mengajukan pemda. Bukan dari dari Hiswana Migas, saya ini hanya operator," pungkasnya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com