Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tim Basarnas Diminta Turut Amankan Mudik di Trans-Sumatera Lampung

Kompas.com - 16/06/2017, 22:56 WIB
Kontributor Lampung, Eni Muslihah

Penulis

BANDARLAMPUNG, KompasProperti - Selain bertugas menjaga arus mudik Lebaran di Pelabuhan Bakauheni Lampung Selatan, Tim Basarnas juga mendapat mandat untuk mengawal arus pengendara di pintu masuk Tol Trans-Sumatera.

Kepala Basarnas Lampung Marsono mengatakan permintaan menjaga tol baru masuk pada rapat gabungan Jumat siang (17/6/2017).

Pengelola tol meminta pengamanan antisipasi kecelakaan jalan raya pada tol Paket 2 yakni Lematang-Kampus Itera Bandarlampung.

"Kemarin juga ada kunjungan tim dari Komisi V DPR-RI, kami SAR harus menjaga situasi tol fungsional karena belum ada rambu yang lengkap, jadi tim rescue gabungan yang ada di Lampung ini harus menjaga keselamatan para pemudik," kata Marsono.

Pengamanan tol akan berlangsung dari tanggal 19 Juni sampai 2 Juli 2017 pada pukul 08.00 pagi sampai 17.00 wib jika kondisi arus pengendara normal.

Tim gabungan yang terlibat di dalamnya adalah Dinas Perhubungan, Dirtlantas Kepolisian, kesehatan, Basarnas, PMI dan lainnya.

Sementara itu Pimpinan Proyek Tol Trans-Sumatera di Lampung Slamet Sudjrajat mengatakan secara fisik konstruksi jalur Lematang-Kotabaru sepanjang 14 kilometer siap untuk difungsikan.

"Namun tetap harus dikoordinasikan dengan Ditlantas karena fungsional jalur tersebut harus sejalan dengan rekayasa lalu lintas mudik atau balik yang telah dirancang oleh Ditlantas Polda Lampung," kata dia.

Slamet mengaku baru akan konfirmasi kepada Ditlantas pada Senin atau Selasa mendatang terkait fungsionalisasi jalan Lematang-Kotabaru.

Secara umum, Ditlantas telah mempresentasikan di hadapan Komisi V DPR-RI tentang kesiapan fungsional jalan 1,5 kilometer di Bakauheni Lampung Selatan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com