Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

DPR: Banyak Jalan Tol yang Belum Dipasang Papan Informasi

Kompas.com - 16/06/2017, 22:38 WIB
Sigiranus Marutho Bere

Penulis

KUPANG, KompasProperti - Hasil peninjauan Komisi V DPR RI di sejumlah ruas tol di beberapa kota besar Pulau Jawa, menunjukkan masih minimnya papan informasi yang dibutuhka pemudik.

Ketua Komisi V DPR RI Fary Djemy Francis mengharapkan pemasangan informasi-informasi khususnya di ruas jalan tol yang baru dibuka, dipercepat sebelum puncak mudik Lebaran 2017.

Untuk sosialisasi soal arus mudik lanjut Fary, harus gencar dilakukan khususnya di ruas jalan tol darurat atau difungsikan sementara.

"Saat ini informasi-informasi yang berkaitan dengan papan pengumunan serta videotron masih banyak yang belum dipasang di setiap tol," kata Fary kepada sejumlah wartawan di Nekamese, Kabupaten Kupang, Jumat (16/6/2017).

Fary mengaku memperoleh laporan, ada enam titik, namun saat pihaknya meninjau, ternyata hanya ada sebagian titik yang sudah terpasang informasi-informasi yang berkaitan dengan jalur arus mudik.

"Kami berharap, dalam beberapa hari ke depan, berbagai hal yang berkaitan dengan masalah mudik bisa segera dilaksanakan. Mulai dari sosialisasi jalur serta hal-hal yang berkaitan sosialisasi keselamatan dalam berkendaraan," sebut Fary.

Dia juga berharap, agar kejadian mudik 2016 yang identik dengan pintu keluar atau Brebes Timur Exit (Brexit), tidak terulang kembali.

Menurutnya, kemacetan di Brexit itu adalah kemacetan paling parah sepanjang sejarah mudik di Indonesia.

"Saat ini berbagai infrastruktur sudah dibangun oleh pemerintah, seperti pembukaan tol baru yang dapat mempermudah arus mudik," tuntasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com