Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Basuki: Jalan Pantura Siap Dilalui Pemudik

Kompas.com - 16/06/2017, 16:43 WIB
Kontributor Semarang, Nazar Nurdin

Penulis

SEMARANG, KompasProperti - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono memastikan jalan Pantai Utara siap dilalui saat mudik Lebaran tahun ini. Jalan Pantura sudah dalam kondisi yang mulus, dan aman dilewati.

"Saya kira kalau jalan nasional saya Sabtu kemarin telusuri sampai Brebes, Balai juga sudah ke (sampai) Semarang itu sudah siap dan baik," kata Basuki, di Semarang, Jumat (16/6/2017).

Basuki juga menjamin jalan Pantura terbebas dari rob, utamanya di wilayah Kota Semarang. Hal itu karena kementerian melakukan pembangunan Polder Sringin, serta normalisasi sejumlah kali di wilayah terkait dengan anggaran Rp 210 Miliar.

Polder Sringin nantinya terhubung dengan Kali Tenggang ke Sringin, nanti ke Kali Babon. Dengan demikian aliran air rob bisa terus terpantau.

"Ini pembangunan Polder, nanti ada pompa bisa mengatasi rob yang di jalan nasional," ujar Basuki, siang tadi.

Selain memastikan jalan, empat Flyover yang ada di Kabupaten Tegal dan Kabupaten Brebes juga sudah siap digunakan. Empat Flyover itu Flyover Klonengan, Dermoleng, Kesambi dan Kretek.

"Flyover Brebes juga berfungsi. Saya sudah dilihat laporan videonya," ucapnya.

Flyover Klonengan-Prupuk sepanjang 1.011 meter bernilai kontrak Rp 112 miliar. Pengerjaannya dilakukan oleh kontraktor PT Hutama Karya (persero) Tbk.

Lalu, Flyover Dermoleng-Ketanggungan memiliki panjang 650 meter yang dikerjakan oleh kontraktor PT Adhi Karya (Persero) Tbk.

Pembangunan jalan ini menelan biaya Rp 62 miliar. Kemudian, Jalan Layang Kesambi dengan panjang 470 meter dibangun oleh PT Brantas Abipraya. Nilai kontraknya mencapai Rp 58 miliar.

Terakhir, Jalan Layang Kretek dengan panjang 700 meter dikerjakan oleh PT Adhi Karya (Persero) Tbk dengan nilai kontrak Rp 82 miliar. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com