Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang Lebaran Penjualan Properti Stagnan

Kompas.com - 15/06/2017, 21:22 WIB
Arimbi Ramadhiani

Penulis

Jakarta, KompasProperti - Memasuki minggu-minggu terakhir bulan Ramadhan dan Lebaran, sejumlah pengembang masih memasarkan produk-produk propertinya.

Meski kebutuhan konsumsi sehari-hari masyarakat meningkat, hal tersebut tidak membuat penjualan properti mandek.

"Penjualan properti selama Lebaran ini relatif ya, karena kalau untuk kelas-kelas di bawah Rp 2 miliar itu lebih banyak dipakai (penghuni)," ujar Presiden Direktur Simmarecon, Adrianto P. Adhi kepada KompasProperti di Klub Kelapa Gading, Jakarta, Kamis (15/6/2017).

Dia menambahkan, jelang Ramadhan para pekerja juga mendapatkan bonus tambahan, seperti tunjangan hari raya (THR) yang bisa digunakan untuk mencicil rumah.

Adhi juga mengatakan, penjualan properti tidak terlalu terdampak dari kebutuhan konsumsi jelang Lebaran yang meningkat, terlihat saat Summarecon meluncurkan produk baru di Bekasi.

Pada tahap pertama penjualan rumah di klaster Burgundy di kawasan The Orchard, Summarecon Bekasi, ada 120 unit yang langsung diborong pembeli.

"Meskipun habism tapi kalau ada yang batal (beli) langsung kita jual harian. Penjualan harian itu jalan terus, seperti juga apartemen di Bekasi, SpringLake," kata Adhi.

Penjualan properti yang relatif stagnan juga dirasakan oleh PT Megapolitan Developments Tbk.

Menurut Direktur Keuangan Megapolitan Developments Fanny S. Sutanto, selama Ramadhan, masih ada penjualan yang dicatat perseroan.

"Tidak ada yang signifikan. Semua masih dalam kondisi wajar. Ada penjualan, tidak turun, tapi tidak naik," tutur Fanny.

Hingga saat ini, Megapolitan tengah memasarkan beberapa proyek di sejumlah lokasi, seperti Cinere, Bogor, dan Karawaci.

Di Cinere, proyeknya yang kini dijual di pasaran adalah Tuscany. Harganya berkisar Rp 5 miliar per unit.

Adapun di Bogor Megapolitan tengah memasarkan Galleria @Kiosk Mall dan ruko Bizpark @Vivo Sentul. Sedangkan di Karawaci, proyek Megapolitan yang baru diluncurkan adalah apartemen The Habitat @Karawaci.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com