Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tol Darurat di Sumatera Dibuka Sepanjang 65 Kilometer

Kompas.com - 15/06/2017, 08:00 WIB
Arimbi Ramadhiani

Penulis

JAKARTA, KompasProperti - Selain di Jawa, Tol Trans Sumatera juga tengah disiapkan fungsionalisasi atau digunakan sementara, meski belum bisa dikatakan beroperasi penuh.

Totalnya, terdapat 4 ruas dengan panjang 65 kilometer yang dibuka secara darurat selama Lebaran 2017 untuk mengurangi kapasitas jalan Lintas Sumatera.

Tiga di antaranya merupakan ruas milik PT Hutama Karya (persero) sebagai badan usaha jalan tol (BUJT) yang ditunjuk pemerintah.

"Untuk mudik di Sumatera ada 3 ruas yag dibuka, yaitu Bakauheni-Terbanggi Besar, Palembang-Indralaya, dan Medan-Binjai," ujar Direktur Utama Hutama Karya I Gusti Ngurah Putra, di Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Jakarta, Rabu (14/6/2017).

Dia menjelaskan, ruas Bakauheni-Terbanggi Besar, yang dibuka untuk pemudik adalah Segmen Simpang Susun Kotabaru-Simpang Susun Lematang sepanjang sekitar 8 kilometer.

Sementara Palembang-Indralaya akan difungsionalkan pada Seksi 1 dari KM 0-KM 7.

Sedangkan, Medan-Binjai dapat digunakan pada 2 seksi yaitu Seksi 2 dan 3, sekitar 10-12 kilometer yakni Helvetia-Semayang dan Semayang Binjai.

"Mudah-mudahan membantu (pemudik) lah," sebut Putra.

Selain 3 ruas milik Hutama Karya, satu ruas lainnya yang juga dapat digunakan secara darurat adalah milik PT Jasamarga Kualanamu Toll dengan ruas Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi seksi 2-6.

Ruas yang melayani perjalanan dari Bandara Kualanamu sampai Kota Sei Rampah ini memiliki panjang 41,6 kilometer dari total 61,7 kilometer.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com