Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tol Bawen-Salatiga Beroperasi Penuh Setelah Lebaran

Kompas.com - 13/06/2017, 16:23 WIB
Arimbi Ramadhiani

Penulis

JAKARTA, KompasProperti - Ruas Tol Bawen-Salatiga akan fungsional selama 24 jam pada saat mudik dan balik Lebaran 2017. Setelah itu, ruas tol tersebut akan dipersiapkan beroperasi secara penuh.

"Setelah mudik, kemudian diuji laik. Juli ini Bawen-Salatiga operasi penuh setelah Lebaran," ujar Menteri Pekerjaan Umm dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono di Gerbang Tol Salatiga, Minggu (11/6/2017).

Sepanjang 17,6 kilometer, ruas Bawen-Salatiga merupakan Seksi 3 dari ruas Semarang-Solo dengan total panjang 72,64 kilometer.

Seksi I dan II sudah lebih dulu beroperasi, yakni dari Semarang sampai Bawen sepanjang 22,8 kilometer.

Rinciannya, Seksi I ruas Semarang-Ungaran sepanjang 10,8 kilometer telah beroperasi pada 17 November 2011.

Sedangkan Seksi II ruas Ungaran-Bawen sepanjang 12 kilometer secara resmi dibuka pada tanggal 11 April 2014.

Sisa 2 seksi lagi yang belum dikerjakan, yaitu Salatiga-Boyolali dan Boyololi-Kartosuro dengan panjang masing-masing 24,14 kilometer dan 8,41 kilometer.

Seksi III Bawen-Salatiga terbagi dalam enam paket pengerjaan. Rinciannya, empat paket dikerjakan oleh PT Trans Marga Jateng (TMJ) dan dua paket dikerjakan oleh Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR sebagai bagian dari dukungan pemerintah.

Untuk Paket 3.1 Ruas Bawen-Polosiri dikerjakan oleh PT Adhi Karya (Persero) Tbk. Sementara untuk Paket 3.2 Ruas Polosiri-Sidorejo digarap oleh PT PP (Persero) Tbk.

Sedangkan Paket 3.3B Jembatan Kali Sanjoyo yang semula masuk dukungan pemerintah kini dilaksanakan oleh PT TMJ melalui kontraktor PT PP (Persero) Tbk.

Terakhir, pembangunan paket 3.3D Sidorejo-Tengaran dikerjakan oleh PT Nindya Karya (Persero) KSO dengan PT Jaya Konstruksi.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com