Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Basuki Pastikan Ruas Tol Brebes Timur-Weleri Dibuka 24 Jam

Kompas.com - 11/06/2017, 23:00 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

SALATIGA, KompasProperti - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono memastikan Tol Brebes Timur-Weleri yang merupakan bagian dari jaringan Jalan Tol Trans-Jawa, berfungsi selama 24 jam.

Kepastian tersebut diutarakan basuki saat meninjau kesiapan ruas sepanjang 110 kilometer dan terbagi dalam tiga ruas yakni Pejagan-Pemalang, Brebes Timur-Pemalang, dan Pemalang-Batang.

"Jalan tol fungsional Brebes Timur-Weleri akan dibuka pada H-10 Lebaran dan dapat dilewati 24 jam satu arah ke dari Jakarta menuju Semarang (Mudik) dan satu arah ke Jakarta (arus balik) mulai H+4," ujar Basuki, Sabtu (10/6/2017)..

Kondisi jalan tol sepanjang ruas tersebut sudah cukup baik walaupun masih dalam tahap perkerasan beton tipis (lean concrete).

Basuki pun mengimbau pemudik untuk memacu kendaraannya dengan aman pada kecepatan rata-rata 40 kilometer per jam.

Dia meminta pengelola tol untuk menambah lampu penerangan jalan pada waktu malam dan reflektor lampu mobil agar lebih aman. Selain itu, juga penanda arah keluar/masuk tol.

"Untuk jalanan yang masih berdebu akan segera dibersihkan dan seluruh pekerjaan konstruksi akan dihentikan pada H-10 Lebaran," tambah Basuki.

Secara keseluruhan, di ruas tol fungsional Pejagan (Kaligangsa) hingga Gringsing (Weleri) sepanjang 110 kilometer akan disediakan 11 Tempat Istirahat Sementara (TIS) atau rest area.

Artinya akan tersedia setiap 10 kilometer yang dilengkapi dengan mushola, toilet, parkir dan warung kecil untuk makan minum.

KOMPAS.com/PALUPI ANNISA AULIANI Jalur Trans-Jawa 2017

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com