Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Basuki: Tol Darurat Kurangi Kemacetan 40 Persen

Kompas.com - 11/06/2017, 22:30 WIB
Arimbi Ramadhiani

Penulis

SALATIGA, KompasProperti - Lebaran 2017 ini, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) membuka beberapa tol secara fungsional.

Meski belum berfungsi secara penuh atau dalam arti beroperasi, ruas-ruas dalam jaringan Jalan tol Trans-Jawa ini diharapkan mampu memecah konsentrasi kemacetan.

"Diperkirakan 40 persen (kendaraan) masuk ke tol," ujar Menteri PUPR Basuki Hadimuljono di Gerbang Tol Salatiga, Jawa Tengah, Minggu (11/6/2017).

Ia mengatakan, hal tersebut diketahui berdasarkan perhitungan melalui remote traffic microwave sensor mulai dari Gerbang Tol (GT) Cikarang Utama.

Saat mudik Lebaran, sebanyak 120.000 kendaraan diprediksi akan melintas di GT tersebut. Selanjutnya, 120.000 kendaraan ini mulai terpecah di Cikampek.

Pembagiannya, sebanyak 40 persen menuju ke selatan, yakni arah Bandung dan 60 persen melanjutkan perjalanan menuju Cikopo-Palimanan (Cipali).

"Kemudian di Cikopo pecah lagi, sebagian ke Simpang Jomin jalan arteri 30 persen, sedangkan Cipali 70 persen," kata Basuki.

Adapun jalan tol di Jawa yang fungsional tahun ini adalah sepanjang total 327 kilometer. Dari total tersebut, Ruas Brebes Timur-Weleri sepanjang 110 kilometer dan Semarang-Surabaya 227 kilometer.

Fungsionalisasi tol ini diharapkan dapat mengurangi kemacetan pada 4 titik rawan yaitu Tegal, Pemalang, Pekalongan, dan Batang.

KOMPAS.com/PALUPI ANNISA AULIANI Jalur Trans-Jawa 2017

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com