Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Brebes Timur-Grinsing Dibuka 24 Jam, Bagaimana Ruas Tol Lain?

Kompas.com - 09/06/2017, 16:00 WIB
Dani Prabowo

Penulis

JAKARTA, KompasProperti - Jalan tol Trans-Jawa ruas Brebes Timur-Gringsing akan difungsikan atau dibuka sementara selama 24 jam sepanjang musim Lebaran 2017.

Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian memutuskan hal tersebut saat meninjau kesiapan mudik Lebaran di Semarang, Rabu (7/6/2017).

Baca: Jenderal Tito Pastikan Tol Brebes Timur-Grinsing Berfungsi 24 Jam

 

Bagaimana dengan ruas tol lainnya?

Menurut Kepala Badan Pengatur Jalan Tol Herry Trisaputra Zuna, fungsionalisasi ruas tol lainnya masih menunggu hasil kajian.

"Jadi belum tentu juga akan 24 jam, tergantung pertimbangan dari penanggung jawab di lapangan," kata Herry kepada KompasProperti, Kamis (8/6/2017).

Selain ruas Brebes Timur-Gringsing, ruas tol lainnya yang akan difungsikan yaitu Tol Semarang-Solo seksi Bawen-Salatiga, Tol Solo-Ngawi yang terdiri atas 1 junction (SS Kertosuro-SS Karanganyar) dan 2 seksi (Solo-Mantingan dan Mantingan-Ngawi).

Ruas tol berikutnya yaitu Ngawi-Kertosono yaitu Seksi 1 Ngawi IC-Madiun IC dan Seksi 3 Caruban IC-Nganjuk IC, Kertosono-Mojokerto di Seksi 2 Jombang-Mojokerto, Seksi 3 Jembatan Brantas-Pendekat, serta Seksi 5 Bandar-Batas Barat.

Terakhir, ruas tol Mojokerto-Surabaya pada Seksi IB Sepanjang-WRR, Seksi II WRR-Driyorejo, dan Seksi III Driyorejo-Kriyan. Kemudian ruas tol Gempol-Pasuruan yaitu Seksi 1 Paket A1 Gempol-Bangil.

Herry menambahkan, belum dipastikannya pemberlakuan 24 jam untuk ruas tol lainnya, lantaran mayoritas pemudik menuju wilayah Jawa Tengah. Ia memprediksi, volume kepadatan pemudik akan jauh berkurang setelah sampai di Semarang.

"Mestinya kan demikian, tapi kalau bisa dimanfaatkan tentu lebih bagus agar pelayanan maksimal. Nanti Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan mengecek lagi, sekarang kan masih dalam persiapan," tuturnya.

Dari hasil kajian Kemenhub, jumlah pemudik yang menggunakan kendaraan roda empat diprediksi meningkat 5 persen pada tahun ini.

Sedangkan, pemudik dengan moda kendaraan roda dua diperkirakan naik 10 persen dari tahun sebelumnya.

KOMPAS.com/PALUPI ANNISA AULIANI Jalur Trans-Jawa 2017

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com