Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Upaya Pemkot Salatiga Hindari Ancaman "Kematian" Pasca Tol Beroperasi

Kompas.com - 09/06/2017, 05:33 WIB
Kontributor Ungaran, Syahrul Munir

Penulis

SALATIGA, KompasProperti - Sebentar lagi ruas Tol Bawen-Salatiga akan berfungsi, setidaknya selama mudik dan balik Lebaran 2017.

Kota Salatiga yang dilintasi Seksi III Jalan Tol Semarang-Solo ini dibayangi ketakukan akan menjadi kota mati, apalagi jika keseluruhan akses ini tersambung.

Maka sejak tahun 2009 Pemerintah Kota (Pemkot) Salatiga gigih mengusulkan kepada Pemerintah Pusat untuk penambahan pintu tol di tengah kota, agar Salatiga tidak menjadi kota mati.

Lalu apa kabar kelanjutan pintu keluar atau exit Pattimura saat ini?.

Tiba-tiba saja Ketua DPRD Kota Salatiga M Teddy Sulistio memberikan sedikit bocoran ihwal pintu keluar Pattimura ini.

Awalnya Teddy enggan memberikan tanggapan mengenai fenomena Gardu Tol (GT) Salatiga yang viral karena dinyatakakan oleh para warganet sebagai GT terindah di Indonesia.

Salah alasan dia adalah, fenomena GT Salatiga yang panoramik ini tidak ada artinya lantaran Pemkot Salatiga sejauh ini tidak mempunyai konsep yang jelas tentang cara "menyelamatkan" dari ancaman "kematian" setelah berfungsinya jalan Tol Semarang-Solo.

Syahrul Munir/Kompas.com Fungsionalisasi Tol Bawen-Salatiga pada malam hari masih dikajdi. Kondisi ruas tol pada Senin (5/6/2017) siang. Masih ada pekerjaan fisik berupa pembetonan sepanjang 1.3 kilometer di ruas ini.
Dia juga menyinggung mengenai nasib usulan Pemkot Salatiga ke Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tentang penambahan pintu tol di Jalan Patimura, Kauman yang tidak jelas arahnya.

"Malah yang saya dengar GT di Plumpungan (Pattimura) dananya hangus," imbuhnya.

Menanggapi hal itu, Walikota Salatiga Yuliyanto menjelaskan bahwa pintu keluar Pattimura masih dalam proses.

Pada masa kepemimpinannya yang kedua ini, rencana mengenai exit Pattimura bahkan menunjukkan perkembangan yang positif.

Baca: Hindari Jadi Kota "Mati", Daerah Harus Berbenah

"Kalau dulu periode pertama saya, bangunan (fisik jalan) dan lahan seluruhnya dibiayai oleh Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT). Sekarang dibiayai fisiknya saja, tanahnya harus disiapkan Pemkot," kata Yuliyanto.

Kendati ada perubahan kebijakan, namun Yuliyanto optimistis proses ini akan mudah dilalui. Salah indikatornya adalah tidak adanya kendala mengenai penyediaan lahan lantaran lokasi exit Pattimura merupakan tanah bengkok (aset).

Syahrul Munir/Kompas.com Fungsionalisasi Tol Bawen-Salatiga pada malam hari masih dikaji. Kondisi Jalan Tol Bawen-Salatiga pada Senin (5/6/2017) siang. Masih ada pekerjaan fisik berupa pembetonan sepanjang 1.3 kilometer.
"Karena itu tanah bengkok, tinggal surat administrasinya saja dilayangkan ke Kementerian PUPR," lanjutnya.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com