Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Begini Perkembangan Terbaru Tol Bawen-Salatiga

Kompas.com - 08/06/2017, 16:01 WIB
Kontributor Semarang, Nazar Nurdin

Penulis

SEMARANG, KompasProperti - Ruas Tol Bawen-Salatiga yang termasuk bagian dari Jalan tol Semarang-Solo akan digunakan saat mudik Lebaran 2017.

Tol itu bakal dibuka H-7 dan H+7 lebaran. Pantauan KompasProperti pada Kamis (8/6/2017), tol sepanjang 17,6 kilometer yang menghubungkan Kota Semarang dengan Salatiga itu sudah seluruhnya tersambung.

Proses pengerukan bukit Polosiri yang selama ini jadi kendala sudah berhasil diatasi. Para pekerja pun saat ini tinggal fokus pengecoran jalan.

Namun demikian, masih ada sebagian pekerja yang mengerjakan lean concrete, ada juga para pekerja yang menyelesaikan cor permanen.

Nazar Nurdin/Kompas.com Meski bisa difungsikan saat mudik Lebaran 2017, masih ada beberapa pekerjaan yang belum rampung. Paket pekerjaan yang belum selesai itu misalnya terlihat di STA 24+300.
Paket pekerjaan yang belum selesai itu misalnya terlihat di STA 24+300. Para pekerja tampak serius mengecor jalan di antara Jembatan Tuntang dan Bawen.

Di luar paket pekerjaan di bukit Polosiri, seluruh paket pembangunan jalan dan jembatan telah dibangun, serta siap digunakan.

Sementara fasilitas pendukung yang saat ini tengah dibangun ialah tempat peristirahatan atau rest area di STA 49+400 atau di KM 36+700.

Di lokasi itu para pekerja sedang membangun fasilitas pendukung sementara bagi pemudik seperti toilet, tempat ibadah, hingga tempat peristirahatan.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dalam tinjauan lapangan Kamis (8/6/2017) pagi tadi memastikan pekerjaan paket jalan tol masih terus berlangsung.

Nazar Nurdin/Kompas.com Fasilitas pendukung yang saat ini tengah dibangun ialah tempat peristirahatan atau rest area di STA 49+400 atau di KM 36+700.
"Saya hanya meyakinkan saja, bukit yang selama ini jadi masalah sudah terbelah. Presiden pernah ke sini, Menkeu juga, saya sudah empat kali, dan memastikan jalan 500 meter (bukit) sudah dikerjakan cepat," kata Ganjar.

Dia pun memastikan paket pekerjaan di lapangan akan selesai sebelum Lebaran.

"Lebaran siap dilalui," tambahnya.

Untuk penggunaan jalur tol itu, Ganjar juga meminta ada rekayasa lalu lintas bagi pemudik yang nantinya keluar Tol Salatiga. Hal itu karena jalan akses keluar tol masih sempit.

"Saya minta manajemen lalu lintas setelah keluar ini diatur, karena jalan tidak lebar. Nanti rekayasa lalu lintas," ucapnya.

Nazar Nurdin/Kompas.com Ground breaking pembangunan Ruas Tol Bawen-Salatiga dilakukan 2 tahun lalu, pada Kamis (9/7/2015).
Adapun ground breaking pembangunan Ruas Tol Bawen-Salatiga ini dilakukan 2 tahun lalu, pada Kamis (9/7/2015).

Pembangunan jalur itu dikerjakan bersama-sama oleh tiga kontraktor sekaligus dalam bendera PT Trans Marga Jateng (TMJ), yakni PT Adhi Karya (persero) Tbk mengerjakan paket 3.1 antara Bawen-Polosiri sepanjang 3,49 kilometer, Paket 3.2 oleh PT PP (persero) Tbk dari Polosiri ke Sidorejo sepanjang 6,8 kilometer.

Lalu paket 3,3 kilometer oleh PT Nindya Karya (persero), dan paket sepanjang 4,3 kilometer oleh KSO PT Nindya Krya (persero) dan PT Jaya Konstruksi dari Sidorejo-Tengarang. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com