Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lewat Tol Baru, Kecepatan Maksimal 40 Kilometer Per Jam

Kompas.com - 08/06/2017, 06:30 WIB
Dani Prabowo

Penulis

JAKARTA, KompasProperti - Sejumlah Ruas Tol Trans-Jawa akan difungsikan atau digunakan sementara pada musim mudik, dan balik Lebaran 2017. Masyarakat diimbau berhati-hati ketika melalui jalur tersebut.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Herry Trisaputra Zuna mengatakan, jalan tol yang akan difungsikan tersebut nantinya hanya dapat dilalui kendaraan pribadi roda empat yang masuk kategori Golongan I.

Pasalnya, sebagian besar ruas tol yang difungsikan baru diperkeras dan dilapisi dengan lean concrete atau beton tipis setebal 10 sentimeter.

"Jalur fungsional hanya untuk kendaraan roda empat, tidak untuk kendaraan truk dan bus," kata Herry di Galeri Nasional Jakarta, Jumat (2/6/2017).

Selain itu, ia menambahkan, akses ruas tol fungsional juga akan dibatasi, yakni antara pukul 06.00 WIB hingga 18.00 WIB. Hal itu dikarenakan masih minimnya rambu, marka, dan penerangan di jalur tersebut.

"Kami juga mengimbau agar pemudik memacu kendaraan tak lebih dari 40 kilometer per jam," kata dia.

Kendati demikian, petugas akan memasang patok reflektor pada sisi kiri dan kanan jalur fungsional, agar pemudik tetap dapat waspada.

Tak hanya itu, sejumlah rest area sementara juga akan disiapkan agar para pemudik yang kelelahan saat berkendara dapat beristirahat di tempat tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com