2018, Google Siap Ekspansi Markas Besar di London - Kompas.com

2018, Google Siap Ekspansi Markas Besar di London

Arimbi Ramadhiani
Kompas.com - 04/06/2017, 10:46 WIB
Designboom Markas besar Google di London, King Cross

LONDON, KompasProperti - Perusahaan teknologi raksasa dunia Google telah mengungkapkan gambar pertama dari markas besarnya di London yang direncanakan.

Gambar tersebut memperlihatkan sebuah bangunan bertingkat 11 yang dirancang secara kolaboratif oleh Studio Heatherwick dan Bjarke Ingels Group.

"Kami sangat senang bisa membawa para pakar googling London kami bersama di satu kampus, dengan bangunan tujuan baru yang kami kembangkan dari awal," kata Direktur Real Estat dan Konstruksi Google, Joe Borrett.

Kantor dan fasilitas ini berperan penting dalam membentuk budaya Google, yang merupakan salah alasan tempat terbaik untuk bekerja di industri tersebut.

The King Cross Campus, akan menjadi bangunan Google pertama yang dimiliki dan dirancang sepenuhnya di luar Amerika Serikat.

Bangunan ini dirancang seluas lebih dari 1 juta kaki persegi atau hampir 10 hektar, dengan 65 persen luas lantai ditempati oleh Google sendiri.

Perusahaan yang terkenal dengan mesin pencariannya ini telah mengajukan permohonan izin perencanaan, dengan konstruksi diperkirakan akan mulai berjalan pada 2018.

Designboom Markas besar Google di London, King Cross
Struktur yang dibangun akan digabungkan dengan bangunan saat ini. Bangunan ketiga tersebut berpotensi menampung 7.000 karyawan.

Skema ini akan menampilkan tema 'alami', dengan semua material bersumber dari program bahan sehat Google.

Aplikasi perencanaan proyek menunjukkan, kompleks tersebut juga akan memiliki lapangan basket dan kolam renang dalam ruangan.

Kemudian, bangunan ini juga akan ditutup dengan taman atap yang luas.

"Sebagai rumah saya dan rumah studio saya selama lebih dari 15 tahun, saya memiliki hubungan dekat dengan King Cross," jelas Thomas Heatherwick.

Menurut dia, kawasan ini merupakan percampuran yang menakjubkan dari beragam tipe dan ruang bangunan.

Ia mengaku menyukai campuran antara stasiun kereta api besar, jalan, kanal dan infrastruktur lainnya yang berlapis-lapis sampai ke titik yang paling terhubung di London.

Designboom Markas besar Google di London, King Cross
Dipengaruhi oleh lingkungan sekitar ini, ia berupaya memperlakukan bangunan baru untuk Google ini seperti juga infrastruktur.

Artinya dibuat dari unsur-unsur yang saling dipertukarkan yang memastikan bahwa bangunan dan ruang kerjanya akan tetap fleksibel selama bertahun-tahun yang akan datang.

"Desain kami untuk kampus google baru di King Cross berakar pada karakter lokal di wilayah ini. Karakter ini memanfaatkan sampul bangunan yang didefinisikan secara kontekstual sambil menciptakan lingkungan kerja yang terus mengalir," kata Bjarke Ingels.

Lingkungan kerja mengalir ini, maksudnya menghubungkan para pedagang Googler di beberapa lantai.

Dengan membuka lantai dasar dan mengaktifkan roofscape, ruang kerja yang terang dan lapang akan berada di antara taman berteras di atap, begitu pula ruang pasar, auditorium dan toko-toko di lantai dasar.

PenulisArimbi Ramadhiani
EditorHilda B Alexander
Komentar
Close Ads X