Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pantau Kemacetan Selama Mudik, BPJT Siapkan "I-Toll"

Kompas.com - 03/06/2017, 19:00 WIB
Dani Prabowo

Penulis

JAKARTA, KompasProperti - Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tengah menyiapkan aplikasi yang dapat diakses pemudik saat melintas di jalan tol.

Aplikasi yang nantinya diberi nama I-Toll tersebut, memungkinkan pemudik memantau kondisi terkini ruas jalan tol secara real time.

Kepala BPJT Herry Trisaputra Zuna mengatakan, menurut rencana aplikasi itu akan diluncurkan pertengahan Juni 2017 atau sebelum mudik Lebaran.

Dengan demikian, aplikasi itu sudah dapat dimanfaatkan baik saat arus mudik maupun arus balik.

"Sekarang sedang disiapkan," kata Herry dalam sebuah diskusi di Galeri Nasional Jakarta, Jumat (2/6/2017).

Dari sisi kegunaan, I-Toll tidak akan jauh berbeda dari aplikasi JMCare milik Jasa Marga. Bedanya, JMCare hanya dapat digunakan untuk memantau ruas tol yang dikelola PT Jasa Marga (Persero) Tbk.

Sedangkan, aplikasi I-Toll merupakan penyempurnaan dari aplikasi JMCare. Nantinya aplikasi tersebut dapat digunakan untuk memantau seluruh kondisi ruas tol.

"Padahal orang itu kan sampai lebih dari sana (tol yang dikelola Jasa Marga). Makanya, satu aplikasi itu harus sampai lebih," kata dia.

Untuk itu, dia memastikan, akan ada penambahan kamera Closed Circuit Television (CCTV) di ruas jalan tol yang tidak dikelola Jasa Marga.

Dengan demikian seluruh informasi jalan tol, baik itu kemacetan maupun kepadatan rest area, dapat diakses oleh pemudik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com